Jakarta (ANTARA) - Coco Gauff bangkit dari ketertinggalan empat gim di set terakhir untuk mengalahkan petenis Prancis Clara Burel 2-6, 6-3, 7-6(7/4) di ATP-WTA Indian Wells Masters, Sabtu waktu setempat atau Minggu WIB.

Perjuangan juara bertahan US Open itu ke babak ketiga memakan waktu lebih dari dua seperempat jam, setelah mendapat bye pada babak pertama.

Petenis peringkat tiga dunia, Gauff, bermain di hadapan penonton tuan rumah untuk pertama kalinya sejak memenangi gelar Grand Slam pertamanya enam bulan lalu.

Gauff, yang akan berulang tahun ke-20 pada Rabu depan, memecahkan rekor WTA dengan meraih 50 kemenangan saat remaja di level Masters 1000.

Gauff membuntuti lawannya yang berperingkat 47 asal Prancis itu pada kedudukan 0-4 pada set ketiga yang menentukan, namun mampu bangkit kembali dan membuat tiebreak.

Dia melaju pada match point ketiganya saat pukulan Burel melebar.

"Saya senang dengan pertarungan mental ini," kata Gauff, seperti disiarkan AFP, Minggu.

"Itu bukan tenis terbaik saya... tapi yang terpenting adalah bagaimana Anda tampil di hari-hari terburuk Anda, bukan di hari-hari terbaik Anda."

Baca juga: Osaka tampil sempurna untuk melaju ke babak kedua Indian Wells

Gauff mengungkapkan ia harus mengubah strategi setelah kehilangan set pembuka.

"Saya mencoba bermain lebih agresif. Dia memberi saya banyak umpan pendek dan saya ingin membalasnya," ujar Gauff.

"Pada set ketiga saya sempat ketinggalan, namun akhirnya saya menemukan permainan saya."

Emma Raducanu yang tidak diunggulkan mendapat keuntungan saat Dayana Yastremska mengundurkan diri setelah empat gim berjalan dalam pertandingan mereka karena cedera yang tidak dijelaskan.

Hal itu memberi petenis Inggris tersebut kemenangan 4-0 dan satu tempat di babak ketiga.

Raducanu, yang kariernya naik turun sejak menjuarai US Open 2021, hanya berada di lapangan selama 21 menit.

Dia sekarang menunggu lawan dari pertandingan antara unggulan kedua juara Australian Open dua kali berturut-turut Aryna Sabalenka atau petenis Amerika Peyton Stears.

Raducanu akan bermain di babak ketiga Indian Wells untuk tahun ketiga berturut-turut.

Sementara itu, dalam undian ATP, petenis Inggris Cameron Norrie melaju ke babak ketiga setelah menang atas petenis Italia Lorenzo Sonego 6-4, 6-4.

Juara Dubai akhir pekan lalu, Ugo Humbert, unggulan ke-14, mengalahkan petenis Amerika Patrick Kypson dengan skor yang sama.

Baca juga: Rybakina waspadai angin jelang upaya pertahankan gelar Indian Wells
Baca juga: Alcaraz bertekad pertahankan gelar Indian Wells Masters

Pewarta: Arindra Meodia
Editor: Irwan Suhirwandi
Copyright © ANTARA 2024