Lampung Selatan (ANTARA) - PT ASDP Indonesia Ferry (Persero), Cabang Bakauheni, Lampung menyeberangkan penumpang pejalan kaki dan di dalam kendaraan pada H-7 hingga H+7 Natal atau Senin (1/1) sebanyak 567.688 orang.

General Manager PT ASDP Indonesia Ferry Cabang Bakauheni Rudi Sunarko di Bakauheni, Selasa, mengatakan total penumpang yang menyeberang dari Sumatera ke Jawa mulai dari H-7 hingga H+7 tercatat 567.688 orang.

Sedangkan untuk jumlah total kendaraan roda empat yang telah menyeberang pada H-7 hingga H+7 tercatat 64.580 unit dan untuk kendaraan roda dua sebanyak 20.035 unit.

Untuk aktivitas penyeberangan Pelabuhan Bakauheni-Merak tampak lancar dan selamat sampai tujuan dengan mengoperasikan kapal 30 unit dengan 103 trip.

Untuk penumpang Natal 2023 dan Tahun Baru 2024 tidak terjadi antrian panjang kendaraan, karena sebagian besar mereka penumpang membeli tiket secara online.

Ia mengimbau kepada para pengguna jasa penyeberangan agar dapat membeli tiket Ferizy dari jauh hari.

"Jadi kami mengimbau untuk calon pemudik dari Sumatera ke Jawa yang akan menggunakan jasa penyeberangan ASDP untuk membeli tiket dari jauh hari," katanya.

PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) telah memberlakukan ketentuan baru pembelian tiket online kapal feri mulai 11 Desember 2023.

Ketentuan itu berlaku di Pelabuhan Bakauheni, Pelabuhan Merak, Pelabuhan Ketapang, dan Pelabuhan Gilimanuk.

Ketentuan baru tersebut adalah pemesanan tiket feri dapat dilakukan sampai dengan batas radius maksimal lima kilometer sebelum pelabuhan.

Ketentuan itu ditetapkan dalam Surat Dirjen Hubdat AP.406/1/5/DJPD/2023 perihal Penataan Layanan Pemesanan Tiket Elektronik di Sekitar Pelabuhan.

 

Baca juga: Jumlah penumpang kapal di Pelabuhan Bakauheni alami lonjakan

Baca juga: Tahun baru 2024, pemudik di Pelabuhan Bakauheni ramai lancar

Baca juga: Ribuan warga kunjungi Krakatau Park pada libur Natal-Tahun Baru 2024

Pewarta: Riadi Gunawan
Editor: Nurul Hayat
Copyright © ANTARA 2024