Bandara Internasional Yogyakarta berkomitmen memberikan pelayanan yang terbaik bagi pengguna jasa bandara.
Kulon Progo (ANTARA) - Angkasa Pura (AP) I Bandara Internasional Yogyakarta di Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) mencatat jumlah penumpang yang melalui bandara tersebut sepanjang 2023 sebanyak 4.307.742 orang atau tumbuh 46 persen.

General Manager PT AP I Bandara Internasional Yogyakarta atau Yogyakarta International Airport (YIA) Ruly Artha, di Kulon Progo, Selasa, mengatakan sepanjang 2023, Bandara Internasional Yogyakarta juga melayani 30.674 pergerakan pesawat yang juga tumbuh sebesar 46 persen dan 11.666.883 kilogram kargo yang tumbuh sebesar 43 persen.

“Bandara Internasional Yogyakarta berkomitmen memberikan pelayanan yang terbaik bagi pengguna jasa bandara,” kata Ruly Artha.

Pihaknya juga menghadirkan nuansa semarak pergantian 2023/2024 kepada penumpang yang masih melakukan perjalanan dengan penampilan atraksi parade dan flash mob di beberapa titik area, yaitu Kawasan Tugu Malioboro YIA, area kedatangan, dan keberangkatan YIA.

Hal itu untuk memberikan apresiasi kepada penumpang terakhir 2023 dan penumpang pertama 2024.

"Pengalaman perjalanan terbaik bagi penumpang menjadi kebahagiaan bagi kami sebagai pengelola bandara. Kami terus berupaya memberikan pengalaman dan kesan terbaik kepada setiap pengguna jasa bandara tentunya dengan segala kearifan lokal dan keramahtamahan khas Yogyakarta,” kata Ruly Artha.

Sebelumnya, Ruly mengatakan fasilitas dan layanan yang disiapkan dapat memenuhi kebutuhan pengguna jasa bandara.

Jaminan layanan Bandara YIA yang maksimal itu, kata Ruly, dibuktikan dengan masih adanya 31 ekstra penerbangan yang disediakannya pada libur Natal 2023 dan Tahun Baru 2024.

"Hal itu untuk mendukung kebutuhan perjalanan masyarakat menggunakan transportasi udara, sampai dengan saat ini terdapat 31 penerbangan tambahan yang terealisasi dengan rata-rata load factor 83 persen yang mana didominasi oleh rute CGK-YIA-CGK," katanya lagi.

Ruly mengimbau masyarakat untuk memperhatikan kondisi kesehatannya selama perjalanan dan musim liburan akhir tahun ini.

"Kami selaku pengelola bandara, berharap masyarakat untuk tetap memperhatikan kondisi kesehatan, sehingga perjalanan dan momen liburan yang berlangsung tetap aman, nyaman, dan sehat. Selain itu, kami juga menginformasikan kepada masyarakat untuk dapat tiba di bandara setidaknya tiga jam sebelum waktu keberangkatan," katanya pula.
Baca juga: AP I luncurkan kampanye #PartyWisata promosikan pariwisata Yogyakarta
Baca juga: AP I catat 16.373 orang lakukan perjalanan via YIA pada H-3 Natal 2023

Pewarta: Sutarmi
Editor: Budisantoso Budiman
Copyright © ANTARA 2024