Saya pastikan tidak ada keterlibatan petugas
Praya, Lombok Tengah (ANTARA) - Seorang tahanan bernama Nurhadi (33) Warga Desa Semoyang di Rumah Tahanan (Rutan) Kelas II B Praya, Kabupaten Lombok Tengah, Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) yang kabur, akhir berhasil ditangkap di tempat persembunyiannya.

"Tahanan yang kabur itu sudah ditangkap dan diserahkan ke Rutan Praya," kata Kasatreskrim Polres Lombok Tengah AKP Hizkia Siagian di Praya, Rabu.

Tahanan tersebut diamankan di salah satu rumah di Kecamatan Praya Timur, setelah berhasil kabur melalui ventilasi udara salah satu ruangan tahanan yang sedang diperbaiki pada Kamis (28/12). Selanjutnya pihaknya melakukan penyelidikan dan berhasil mengamankan pelaku berdasarkan informasi dari warga.

"Pelaku kabur selama 5 hari dan hari ini telah berhasil diamankan," katanya.

Baca juga: Seorang tahanan di Rutan Praya kabur jelang tahun baru
Baca juga: Polda buru empat tahanan narkoba kabur dari Rutan Mapolda Lampung


Sementara itu, Kepala Rutan Kelas II B Praya, Aris Sakuriyadi mengatakan tahapan itu kabur dari Rutan saat waktu ramai kunjungan dan di waktu yang bersamaan memang sedang ada perbaikan ruangan pelayanan tahanan.

“Jadi ada salah satu tahanan kami titipan dari Pengadilan Negeri (PN) Praya kabur pada waktu ramai kunjungan dan memang kami sedang memperbaiki ruangan untuk layanan tahanan,” katanya.

Pihaknya memastikan tidak ada indikasi keterlibatan petugas untuk membantu tahanan tersebut untuk kabur.

"Saya pastikan tidak ada keterlibatan petugas kami membantu yang bersangkutan. Kalau ada maka sanksi sudah menunggu," katanya.

Baca juga: Delapan tahanan BNNP Sumut kabur dari ruang tahanan
Baca juga: Tujuh dari 17 tahanan Polsek Tenayan Raya kabur berhasil ditangkap
Baca juga: Polisi tangkap dua dari 10 tahanan kabur di Pekanbaru

Pewarta: Akhyar Rosidi
Editor: Budhi Santoso
Copyright © ANTARA 2024