Jakarta (ANTARA) - Petenis Latvia Jelena Ostapenko mengakhiri upaya Karolina Pliskova mempertahankan gelar ketika ia mengalahkan bintang Ceko itu 6-4, 4-6, 6-3, Kamis, untuk memastikan tiket perempat final melawan Victoria Azarenka di Brisbane International.

Mantan juara French Open berusia 26 tahun itu membutuhkan bantuan dari pelatih pada set ketiga saat ia berjuang melawan cuaca panas dan kelembapan.

Namun, dia berhasil pulih dan bangkit untuk mengatasi Pliskova dalam waktu dua jam 13 menit.

"Saat itu sangat, sangat lembab dan pada satu titik energi saya sangat rendah," kata unggulan ketiga Ostapenko, seperti disiarkan AFP.

"Saya datang dari musim dingin yang saat ini suhunya minus 15 derajat dan di sini suhunya 35 derajat."

"Ini sedikit berbeda – sama untuk semua orang tapi saya perlu sedikit waktu untuk membiasakan diri."

Dia selanjutnya akan menghadapi mantan petenis nomor satu dunia Azarenka yang selamat dari tantangan keras petenis Prancis Clara Burel.

Azarenka unggul sejak awal dan memimpin 4-1 pada set pertama sebelum Burel bangkit dan mulai mendominasi.

Namun, Azarenka bangkit untuk memenangi set pertama kemudian melaju pada set kedua untuk membukukan kemenangan 7-5, 6-2.

"Saya mencoba untuk menjadi agresif dan mencetak angka, namun saya merasa dia benar-benar berada di atas saya," kata juara Australian Open dua kali Azarenka.

"Saya merasa saya memulai dengan sangat baik, tapi mungkin membiarkan dia memainkan permainannya terlalu banyak, tapi itu adalah pertandingan yang sangat kompetitif."

"Saya jelas jauh lebih baik pada set kedua dalam hal akurasi dan agresivitas."

Baca juga: Gauff melaju dengan kemenangan dominan di Auckland

Petenis Ceko Linda Noskova juga melaju ke perempat final dengan kemenangan 6-1, 6-7 (4/7), 6-3 atas petenis kualifikasi asal Argentina Julia Riera.

Di sektor putra petenis wildcard asal Australia Rinky Hijikata bangkit dari ketertinggalan di set pertama untuk mengalahkan petenis kualifikasi asal Ceko Tomas Machac 5-7, 6-2, 7-6 (7/4).

Rekannya dari Australia Jordan Thompson juga melaju ke delapan besar ketika lawannya dari Prancis dan unggulan keempat Ugo Humbert mengundurkan diri sebelum pertandingan karena sakit.

Legenda Spanyol Rafael Nadal melanjutkan comeback-nya dari absen panjang karena cedera dengan melawan petenis Australia Jason Kubler dalam pertandingan malam hari di Pat Rafter Arena.

Baca juga: Osaka sangat kecewa momen "comeback" terhenti di tangan Pliskova
Baca juga: Kvitova umumkan kehamilan anak pertama

Pewarta: Arindra Meodia
Editor: Eka Arifa Rusqiyati
Copyright © ANTARA 2024