Jakarta (ANTARA) - Juara bertahan Iga Swiatek tersingkir dari US Open pada Minggu setempat atau Senin WIB, setelah dikalahkan Jelena Ostapenko, dan akan kehilangan posisi puncaknya dalam daftar peringkat petenis putri.

Sementara itu Novak Djokovic berhasil melaju ke fase perempat final.

Swiatek memenangi set pembuka saat melawan Ostapenko, namun secara tidak terduga petenis Latvia itu mampu bangkit untuk meraih kemenangan 3-6, 6-3, 6-1 dan mengamankan kemenangan keempatnya dari empat pertandingan melawan sang bintang Polandia.
 
Ostapenko belum pernah mencapai fase 16 besar US Open sebelum pekan ini. Ia akan berhadapan dengan kandidat juara dan favorit tuan rumah Coco Gauff pada delapan besar, setelah menyingkirkan Swiatek.

"Ia bermain bagus saat melawan saya. Ia selalu melakukannya," kata Swiatek seperti dikutip dari AFP.

"Saya hanya terkejut karena level saya berubah begitu drastis. Saya tidak benar-benar tahu apa yang terjadi dengan permainan saya, saya tiba-tiba merasa tidak memiliki kendali," tambahnya.

Pada pertandingan yang dimainkan lebih awal, Gauff mengakhiri laju Caroline Wozniacki, ketika unggulan keenam itu menang 6-3, 3-6, 6-1 atas sang mantan petenis peringkat satu dunia tersebut.

Petenis 19 tahun itu mencatatkan kemenangan ke-15nya dari 16 pertandingan, laju yang mencakup raihan gelar di Washington dan Cincinnati pada bulan lalu.

Baca juga: Swiatek dominan, Rybakina tumbang di babak ketiga US Open

Selanjutnya: Djokovic

Pewarta: A Rauf Andar Adipati
Editor: Junaydi Suswanto
Copyright © ANTARA 2023