Jakarta (ANTARA) - Kembalinya Rafael Nadal dari cedera kian menunjukkan tanda-tanda positif ketika ia melaju ke perempat final Brisbane International dengan kemenangan agresif 6-1 6-2 atas petenis Australia Jason Kubler, Kamis.

Bermain dalam kondisi panas dan lembab di Pat Rafter Arena, petenis legenda Spanyol itu membutuhkan waktu satu jam 23 menit untuk mengalahkan Kubler, yang berjuang keras tetapi tidak memiliki senjata untuk merepotkan juara Grand Slam 22 kali itu.

Nadal belum pernah bermain dalam tur sejak mengalami cedera di Australian Open setahun lalu, yang membuat dia harus menjalani dua operasi di pinggulnya.

Menjelang turnamen Brisbane International, Nadal mengatakan bahwa dia tidak memiliki ekspektasi apa pun untuk musim panas Australia.

Namun, performa yang dia perlihatkan saat melawan mantan juara US Open Dominic Thiem di babak pertama dan kini Kubler menunjukkan bahwa dia bisa menjadi ancaman nyata pada Grand Slam pertama tahun ini di Melbourne Park.

Dia melaju untuk memimpin 5-0 pada set pertama sebelum Kubler merebut satu gim, kemudian mematahkan gim pembuka set kedua dari petenis Australia itu untuk menunjukkan dominasinya pada pertandingan tersebut.

"Saya memulai pertandingan dengan bermain sangat baik, dengan determinasi yang sangat bagus. Saya mencoba untuk menjadi agresif dari baseline dan saya pikir itu berhasil dengan sangat baik," kata Nadal, seperti disiarkan AFP.

"Saya pikir itu adalah pertandingan yang sangat positif bagi saya. Dua kemenangan setelah sekian lama berada di luar tur profesional adalah sesuatu yang membuat saya merasa baik.”

Satu-satunya kelemahan bagi petenis Spanyol itu adalah peringatan pelanggaran waktu karena terlalu lama kembali ke lapangan setelah istirahat di kamar mandi di akhir set pertama.

Dia kemudian menjelaskan bahwa kelembapan sangat tinggi sehingga dia harus mengganti pakaian sepenuhnya dan empat detik lebih lama dari yang seharusnya.

Nadal selanjutnya akan menghadapi petenis Australia Jordan Thompson di perempat final dan tetap berada di jalur semifinal melawan unggulan kedua asal Bulgaria Grigor Dimitrov, yang mengalahkan petenis Jerman Daniel Altmaier 6-1, 6-2.

Baca juga: Nadal bangkit untuk kemenangan emosional setelah absen setahun

Baca juga: Nadal "comeback" ramaikan babak kualifikasi Brisbane International

Pewarta: Arindra Meodia
Editor: Hernawan Wahyudono
Copyright © ANTARA 2024