Jakarta (ANTARA) - Juru Bicara Tim Kampanye Nasional (TKN) Prabowo-Gibran, Puteri Komarudin, mengatakan debat ketiga capres Pemilu 2024 menjadi ajang untuk calon presiden Prabowo Subianto menjelaskan tentang pertahanan kepada masyarakat Indonesia, khususnya terkait anggaran pertahanan.

"Ini menjadi kesempatan yang sangat baik untuk Pak Prabowo meluruskan seluruh miskonsepsi yang sekarang berkembang di masyarakat. Misalnya, terkait dengan anggaran pertahanan kita yang memang besar," kata Puteri di Markas Fanta atau Fanta Headquarters (Fanta HQ), Jakarta, Kamis.

Dia menyebut anggaran pertahanan yang besar itu dilandasi oleh perkembangan kondisi geopolitik yang sedang terjadi di dunia.

"Kalau misalnya kemarin sempat ada pernyataan tidak ada perang, kenapa kita harus bersiap; ya, kalau perangnya sudah di depan mata, kita tidak punya amunisi yang sesuai dan memadai, bisa musnah dong Indonesia," kata Puteri.

Baca juga: Relawan Prabowo-Gibran dukung menang satu putaran demi hemat anggaran

Lebih lanjut, anak politikus senior Partai Golkar Ade Komarudin itu menambahkan dengan adanya konflik senjata yang terjadi antara Israel dan Palestina, serta intervensi dari negara adidaya lainnya, bisa berpotensi terjadi pergolakan di Asia Tenggara.

"Kita tidak boleh menutup mata bahwa mungkin akan terjadi juga pergolakan di ASEAN atau Asia Tenggara. Jadi, kita tetap harus bersiap. Makanya, prestasi Pak Prabowo dengan komponen cadangannya meningkatkan diplomasi pertahanan dan terus membuat agenda pertahanan, kita bisa lebih meningkat dari mulai amunisi dan lain-lainnya," jelasnya.

Selain itu, lanjut Puteri, debat ketiga tersebut juga menjadi ajang bagi Prabowo untuk menepis isu yang dilontarkan pasangan calon lain terkait anggaran belanja alat utama sistem persenjataan (alutsista) yang dinilai memakan anggaran cukup besar.

"Ini juga kesempatan yang akan digunakan Pak Prabowo dengan sebaik-sebaiknya untuk menjelaskan terkait dengan hal-hal yang selama ini mungkin disinggung oleh pasangan calon lain; dan menurut kami juga ini akan menjadi saat yang tepat bagi masyarakat Indonesia juga belajar terkait dengan pentingnya pertahanan negara ini," ujar Puteri Komarudin.

Baca juga: TKN sebut Prabowo-Gibran akan bebaskan pajak bagi pelaku UMKM baru

Debat ketiga capres Pemilu 2024 akan berlangsung di Istora Senayan, Jakarta, pada tanggal 7 Januari 2024, dengan topik pertahanan, keamanan, hubungan internasional, dan geopolitik.

Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI telah menerima pendaftaran tiga bakal pasangan capres-cawapres, yakni Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar, Ganjar Pranowo-Mahfud MD, dan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka.

Masa kampanye pemilu ditetapkan mulai tanggal 28 November 2023 hingga 10 Februari 2024, sementara pemungutan suara dijadwalkan pada tanggal 14 Februari 2024.

Baca juga: Jubir TKN: Kalau soal blusukan, jangan ragukan Prabowo

Pewarta: Fauzan
Editor: Fransiska Ninditya
Copyright © ANTARA 2024