Kemungkinan bisa jadi opsi, tapi belum dieksekusi secara formal
Jakarta (ANTARA) - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Jakarta Pusat (KPU Jakpus) mempertimbangkan gedung pameran Jakarta International Expo (JI Expo) Kemayoran sebagai tempat rekapitulasi suara dan gudang logistik Pemilu 2024 tingkat Kecamatan Kemayoran.

"Sejauh ini ada beberapa opsi yang kita komunikasikan seperti JI Expo. Itu masih ada saham pemerintah daerah di JI Expo. Kemungkinan bisa jadi opsi, tapi belum dieksekusi secara formal," kata Ketua KPU Kota Jakarta Pusat Efniadiyansyah saat dihubungi ANTARA di Jakarta, Jumat.

Ia mengatakan pihaknya sudah membangun komunikasi dengan pengelola JI Expo untuk memakai gedung tersebut sebagai alternatif jika GOR Kemayoran belum selesai direnovasi.

Efniadiyansyah menjelaskan bahwa GOR Kemayoran diperkirakan baru selesai direvitalisasi pada 1 Februari 2024 sehingga masih ada waktu untuk menunggu tempat tersebut dapat difungsikan sebagai gudang logistik setelah hari pemungutan suara pada 14 Februari 2024.

Baca juga: KPU Jakpus terima logistik surat suara presiden dan wakil presiden

Selain JI Expo, KPU Jakpus juga mempertimbangkan penggunaan Gedung Kesenian Miss Tjitjih di Cempaka Baru, Kemayoran.

Hanya saja, kapasitas gedung tersebut dinilai tidak cukup untuk menampung logistik pemilu di Kecamatan Kemayoran yang memiliki tempat pemungutan suara (TPS) terbanyak se-Jakarta Pusat.

"Sepertinya kurang memenuhi kriteria mengingat Kecamatan Kemayoran jumlah TPS-nya paling banyak di Jakarta Pusat, ada 701 TPS. Jadi, kita butuh tempat yang lumayan besar," katanya.

Saat ini, KPU Jakarta Pusat memfungsikan Kantor Kecamatan Kemayoran di lantai tiga dan empat sebagai gudang penerimaan logistik awal khusus tingkat Kecamatan Kemayoran.

Baca juga: Pemkot Jakpus optimalkan kantor untuk simpan logistik Pemilu 2024

Sebelumnya, KPU DKI Jakarta juga telah bersurat kepada pemerintah untuk memfasilitasi penggunaan Wisma Atlet Kemayoran sebagai gudang logistik dan tempat rekapitulasi suara.

Namun, permintaan itu ditolak karena Wisma Atlet direnovasi pada bulan ini.

Pewarta: Mentari Dwi Gayati
Editor: Edy Sujatmiko
Copyright © ANTARA 2024