Jakarta (ANTARA) - Deputi Politik 5.0 Tim Pemenangan Nasional Ganjar-Mahfud, Andi Widjajanto, mengatakan karakteristik pasangan Ganjar Pranowo-Mahfud Md yang cepat dan tuntas menyelesaikan persoalan menjadi daya tarik dalam menarik ceruk suara pemilih belum menentukan pilihan (swing voters) pada salah satu capres/cawapres.

"Karakter kerja Mas Ganjar yang cepat, karakter kerja Pak Mahfud yang mau tuntas. Ada ketegasan di situ," kata Andi saat wawancara eksklusif bersama ANTARA di Menteng, Jakarta, Jumat (5/1).

Hal ini juga menunjukkan bahwa Ganjar-Mahfud merupakan tipe pekerja yang memiliki kesamaan berasal dari rakyat biasa, tak miliki beban masa lalu dan rekam jejak yang panjang di dalam pemerintahan.

"Sehingga memiliki kredibilitas dan integritas untuk menjadi pemimpin ke depan," jelasnya.

Baca juga: TPN: Karakter Ganjar yang luwes mampu tangkap kebutuhan anak muda

Selain itu, Ganjar-Mahfud juga memiliki 21 program unggulan pada Pilpres 2024. Pelaksanaan program unggulan itu diperkirakan membutuhkan dana Rp2.500 triliun untuk lima tahun atau tepatnya Rp500 triliun per tahun.

"Program-program itu konkret untuk menyapa masyarakat dengan kebutuhan-kebutuhan nyatanya," ujar Andi.

Menurutnya, selama lebih dari 50 hari kampanye, pasangan capres/cawapres nomor urut 3 itu telah bergerak secara nyata dan berinteraksi dengan pemilihnya.

Baca juga: TPN: Pemerintahan Ganjar-Mahfud akan beli alutsista baru tanpa utang

Hal ini tentunya membuat Ganjar-Mahfud lebih memahami karakter dan kebutuhan dari pemilih untuk program yang akan dirancang periode 2024-2029.

Sebelumnya, KPU RI pada 13 November 2023, menetapkan tiga bakal pasangan calon presiden dan wakil presiden menjadi peserta pemilu presiden dan wakil presiden (Pilpres) 2024.

Hasil pengundian dan penetapan nomor urut peserta Pilpres 2024 pada 14 November 2023, pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar nomor urut 1, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka nomor urut 2, dan Ganjar Pranowo-Mahfud MD nomor urut 3.

KPU juga telah menetapkan masa kampanye mulai 28 November 2023 hingga 10 Februari 2024, kemudian jadwal pemungutan suara pada tanggal 14 Februari 2024.

Baca juga: TPN: Ganjar-Mahfud akan turunkan bunga KUR untuk ringankan UMKM
Baca juga: TPN: Ganjar-Mahfud aktif bangun komunikasi dengan anak muda 

Pewarta: Narda Margaretha Sinambela
Editor: Didik Kusbiantoro
Copyright © ANTARA 2024