"Garda Samudra diwujudkan melalui pembelian alutsista yang mengarah pada pertahanan 5.0 yang SAKTI, yakni perkasa dengan teknologi terkini,"
Jakarta (ANTARA) - Tim Pemenangan Nasional (TPN) menjelaskan strategi pasangan calon Ganjar-Mahfud, untuk menjadikan Indonesia sebagai Garda Samudra (Guardian of the Seas), diwujudkan melalui pembelian alat utama sistem persenjataan (alutsista).

"Garda Samudra diwujudkan melalui pembelian alutsista yang mengarah pada pertahanan 5.0 yang SAKTI, yakni perkasa dengan teknologi terkini," kata Deputi Politik TPN Ganjar-Mahfud Andi Widjajanto dalam keterangan tertulis di Jakarta, Selasa.

Dia menjelaskan saat ini Indonesia dihadapkan pada ancaman pertahanan, akibat adanya ketidakpastian geopolitik dan posisi Indonesia yang strategis. Indonesia semakin dihadapkan pada kerawanan dan risiko yang bersifat dinamis dan kekinian, utamanya di kawasan yang ditimbulkan dari tarung global AS-Tiongkok.

“Tantangan tidak hanya berasal dari negara lain, tetapi juga karena adanya pergeseran centre of gravity (CoG),” ujarnya.

Lanjut dia, Ibu Kota Nusantara (IKN) adalah pusat gravitasi baru sehingga menjadi keniscayaan untuk meningkatkan kekuatan pertahanan Indonesia, dengan daya gentar yang mampu menghalau berbagai jenis ancaman. Kemudian, pengembangan postur-postur militer yang saling terkoneksi dan terpusat pada IKN, harus diperkuat dengan peningkatan kapasitas Anti Akses/Penangkalan Wilayah (A2/AD) sebagai Benteng Nusantara, untuk melawan ancaman di berbagai zona pertahanan.

"Kebutuhan untuk menata ulang gelar pasukan (redeployment) akibat adanya pergeseran tersebut harus didasarkan pada sistem pertahanan rakyat semesta (Sishanrata) dan sistem pertahanan berlapis,” katanya menegaskan.

Sebelumnya calon presiden nomor urut 3 Ganjar Pranowo mengatakan pertahanan semestinya masuk pada wilayah 5.0, dengan teknologi SAKTI, dengan rudal hipersonik, senjata siber, sensor kuantum, dan sistem senjata otonom.

Menurut dia, teknologi-teknologi tersebut tidak tertinggal generasinya dari teknologi senjata milik negara-negara adidaya. Penguatan kapasitas pertahanan juga membutuhkan sinergi dari seluruh matra (trimatra terpadu) agar mampu menjalankan operasi lintas medan, termasuk dengan memanfaatkan instrumen siber.

Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI pada hari Senin, 13 November 2023, menetapkan tiga bakal pasangan calon presiden dan wakil presiden menjadi peserta Pemilu Presiden dan Wakil Presiden (Pilpres) 2024.

Hasil pengundian dan penetapan nomor urut peserta Pilpres 2024 pada hari Selasa, 14 November 2023, pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar nomor urut 1, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka nomor urut 2, dan Ganjar Pranowo-Mahfud Md nomor urut 3.

KPU juga telah menetapkan masa kampanye mulai 28 November 2023 hingga 10 Februari 2024, kemudian jadwal pemungutan suara pada tanggal 14 Februari 2024.

Pewarta: Fauzi
Editor: Agus Setiawan
Copyright © ANTARA 2024