Jakarta (ANTARA) - Deputi Politik 5.0 Tim Pemenangan Nasional (TPN) Ganjar Pranowo-Mahfud Md, Andi Widjajanto mengatakan ada tiga kategori ceruk wilayah perolehan suara pasangan calon presiden dan wakil presiden Ganjar Pranowo-Mahfud Md di Pilpres 2024.

Dia membagi pemetaan wilayah tersebut menjadi kategori 3-2-1. Adapun kategori 3 merupakan basis suara Ganjar-Mahfud yang dipastikan akan menang.

"Kategori 1 daerah rawan yang hampir pasti kami kalah. Lalu, selama kampanye ini kami fokus di daerah 2 yang disebut daerah tempur," kata Andi saat wawancara eksklusif bersama ANTARA di Menteng, Jakarta, Sabtu.

Menurutnya, untuk masuk ke kategori 2 sebagai daerah tempur harus menggunakan cara-cara yang tepat, karena daerah itu kemungkinan akan bisa bergeser mendukung Ganjar-Mahfud.

"Daerah tempur itu yang dimasuki keroyokan, baik oleh kandidat, oleh TPN, oleh relawan, dan juga oleh partai," jelasnya.

Kendati demikian, kategori 3 tetap harus dijaga, karena daerah basis utama yang dikuasai partai politik pengusung. Andi mencontohkan wilayah Sumatera Utara di bagian Toba, Samosir hingga Karo merupakan basis suara Ganjar-Mahfud.

Lalu, di sekitaran daerah basis, ada daerah yang condong ke pasangan calon lain. Oleh karena itu, TPN sudah memiliki pemetaan lengkap untuk keseluruhan provinsi di Indonesia.

"Jadi, Indonesia sampai ke tingkat tempat pemungutan suara (TPS), kami petakan dalam tiga kategori tersebut," ucap Andi.

Sebagian besar dari Jawa Tengah merupakan basis suara Ganjar-Mahfud, sebab Presiden Jokowi memperoleh 77 persen suara di Pilpres 2019.

TPN Ganjar-Mahfud pun menargetkan suara sekitar 65 persen di Jawa Tengah. Ia tak menutup kemungkinan akan ada beberapa kabupaten dan kecamatan yang menjadi daerah tempur.

"Tapi pada dasarnya Jawa Tengah dengan target 65 persen itu tetap dikategorikan sebagai daerah basis," pungkasnya.

Sebelumnya, KPU RI pada 13 November 2023 menetapkan tiga bakal pasangan calon presiden dan wakil presiden menjadi peserta pemilu presiden dan wakil presiden (Pilpres) 2024.

Hasil pengundian dan penetapan nomor urut peserta Pilpres 2024 pada 14 November 2023, pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar nomor urut 1, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka nomor urut 2, dan Ganjar Pranowo-Mahfud Md nomor urut 3.

KPU juga telah menetapkan masa kampanye mulai 28 November 2023 hingga 10 Februari 2024, kemudian jadwal pemungutan suara pada tanggal 14 Februari 2024.

Pewarta: Narda Margaretha Sinambela
Editor: Edy M Yakub
Copyright © ANTARA 2024