Jakarta (ANTARA) - Pembalap muda Indonesia Qarrar Firhand Ali akan mengikuti lebih banyak balapan pada 2024, serta akan merambah sejumlah balapan di luar markasnya selama ini, Italia.


Pada 2023, Qarrar hanya mengikuti ajang Rok Cup di Italia. Namun pada tahun ini, selain di Rok Cup Italia, pembalap 12 tahun itu juga akan berkompetisi di FIA World Championship di Inggris dan ajang WSK di Slovakia, Italia, dan Swedia.

  “Pada 2024, Qarrar akan mengikuti 27 ajang level Eropa dan dunia, 17 event lokal Italia termasuk testing. Setiap tiga bulan, kami akan mengevaluasi untuk menentukan langkah selanjutnya,” ucap perwakilan manajemen tim Qarrar, Indrajit Sardjono, saat ditemui pada acara silaturahmi dengan para pewarta di Jakarta, Jumat.

  Dengan beban yang lebih besar dibanding musim sebelumnya, Indrajit menyatakan bahwa untuk musim 2024, target yang lebih utama bagi Qarrar adalah beradaptasi dengan lebih baik.

  “Tiga bulan pertama kita kasih kesempatan Qarrar untuk penyesuaian, karena tugas dari orangtuanya maupun management sudah memberikan perlengkapan yang terbaik. Dan saya juga cukup yakin, Qarrar sudah terbiasa dengan proses bahwa akan ada coach, akan ada physical training, akan ada mental approach. Dan ini menjadi feedback. Seperti tadi dikatakan setiap selesai balapan, kamera dicek, kemudian dilihat data, dan Qarrar harus bisa mengoreksi sendiri dan ada benchmarking dengan yang paling cepat siapa,” tambahnya.

  Selain jumlah balapan yang lebih banyak, perubahan lain yang dialami Qarrar adalah pergantian tim. Ia kini membela salah satu tim gokart papan atas Eropa, yakni Paroling Racing Kart.

  “Saya senang dengan tim baru, mesin baru. Sudah tes (mobil gokartnya) juga,” kata Qarrar.

  Untuk menyambut musim baru, Qarrar pun aktif melakukan sejumlah persiapan, yang terhitung sudah dilakukannya sejak akhir 2023.

  “Saya sehari melakukan latihan gym dua kali. Latihan di race day. Saya juga akan melakukan banyak tes. Di rumah juga menggunakan simulator agar lebih familiar dengan trek,” ujarnya.

  Dalam kesempatan tersebut, Qarrar juga menyampaikan rasa terima kasih kepada para sponsor yang telah membantunya mengarungi balapan gokart di Eropa, yakni Pertamina, Telkomsel, BTN Mobile, dan Eiger.

  “Terima kasih untuk semua dukungannya,” ucap pembalap yang masih mengenyam pendidikan di International School Brescia itu.

Pewarta: A Rauf Andar Adipati
Editor: Hernawan Wahyudono
Copyright © ANTARA 2024