Pasangan nomor 1 ini memiliki 125 jenderal dari bintang satu sampai empat, (matra) darat, laut, udara dan polisi
Jakarta (ANTARA) - Kapten Timnas AMIN Marsekal Madya TNI (Purn) Muhammad Syaugi mengatakan terdapat 125 jenderal di belakang pasangan capres-cawapres Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar (AMIN) dan siap memberi masukan untuk menguatkan materi debat ketiga capres-cawapres Pemilu 2024 pada Minggu (7/1).

"Pasangan nomor 1 ini memiliki 125 (purnawirawan)  jenderal dari bintang satu sampai empat, (matra) darat, laut, udara dan polisi," kata Syaugi di Jakarta, Sabtu, ketika ditanya terkait persiapan debat ketiga yang akan menguji ketiga capres.

Menurut dia, para pensiunan jenderal itu telah memberikan masukan kepada tim, khususnya kepada Anies Baswedan tentang apa yang harus dilakukan untuk memperkuat pertahanan di Indonesia.

Syaugi mengatakan pihaknya percaya Anies dapat menerima apa yang menjadi masukan dari para jenderal dan pakar ketika debat nanti, sehingga permasalahan terkait pertahanan, keamanan, dan lainnya bisa diatasi.

"Sudah kami berikan masukan kepada tim debat, besok bisa diformulasikan oleh Pak Anies dan beliau merupakan orang yang pintar, jadi apa yang menjadi masukan bisa disampaikan dengan baik," ujarnya.

Syaugi menambahkan bahwa Anies sudah mempersiapkan jauh-jauh hari debat ketiga dan seluruh pertanyaan pasti dapat dijawab. Anies, kata dia, juga sudah terbukti dapat menjawab banyak pertanyaan seperti saat mengikuti diskusi dengan masyarakat dalam program "Desak Anies".

"Kami sangat 'concern' terhadap topik debat besok, khususnya masalah pertahanan," katanya.

Baca juga: Budiman Sudjatmiko optimistis Prabowo mampu kuasai debat ketiga
Baca juga: TKN: Prabowo sampaikan ide besar tentang pertahanan pada debat ketiga
Baca juga: TPN: Efisiensi ekonomi pertahanan kunci belanja alutsista 


Debat ketiga dijadwalkan bergulir pada 7 Januari 2024 dengan mengusung tema, di antaranya, pertahanan, keamanan, geopolitik, hubungan internasional, dan politik luar negeri 

Sebelumnya, Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI pada hari Senin, 13 November 2023, menetapkan tiga bakal pasangan calon presiden dan wakil presiden menjadi peserta Pemilu Presiden dan Wakil Presiden (Pilpres) 2024.

Hasil pengundian dan penetapan nomor urut peserta Pilpres 2024 pada hari Selasa, 14 November 2023, pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar nomor urut 1, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka nomor urut 2, dan Ganjar Pranowo-Mahfud Md. nomor urut 3.

KPU juga telah menetapkan masa kampanye mulai 28 November 2023 hingga 10 Februari 2024, kemudian jadwal pemungutan suara pada tanggal 14 Februari 2024.

Baca juga: Anies soal panelis debat dari Unhan: Biar masyarakat menilai
Baca juga: Profil 11 panelis debat capres kedua

Pewarta: Khaerul Izan
Editor: Indra Arief Pribadi
Copyright © ANTARA 2024