Pangkalpinang (ANTARA) - Komandan Korem 045/Garuda Jaya, Brigadir Jenderal TNI A Dedy Prasetyo, menegaskan, prajurit TNI AD memegang teguh netralitas pada penyelenggaraan Pemilu 2024 di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.

"Saya tegaskan 621 orang personil TNI AD di Markas Komando Korem 045/Garuga Jaya memegang teguh netralitas pada pemilu serentak tahun ini," kata dia, dalam keterangan pers diterima di Pangkalpinang, Bangka Belitung, Minggu.

Baca juga: Pangkohanudnas larang prajurit TNI komentar Pemilu di medsos

Ia mengatakan mengawali kegiatan 2024, prajurit di jajarannya Korem 045/Garuda Jaya lebih mementingkan untuk dapat lebih meningkatkan keimanan dan ketaqwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa, agar terhindar dari hal-hal yang negatif yang dapat merusak nama baik satuan di tahun politik ini.

"Pegang teguh netralitas TNI pada pemilu serentak tahun ini," tegasnya.

Baca juga: Menko Polhukam minta TNI, Polri, ASN betul-betul netral

Ia juga menegaskan prajurit TNI AD juga dilarang keras terlibat dalam penyalahgunaan narkoba, narkoba harus diperangi secara tuntas untuk menyelamatkan generasi penerus bangsa ini dari bahaya barang haram tersebut.

Selain itu, prajurit TNI juga harus laksanakan bimbingan satuan secara kreatif, inovatif dan adaptif agar dapat mendukung tugas pokok.

Baca juga: Muhaimin: Polri, TNI, dan penyelenggara pemilu harus jaga netralitas

"Setiap kegiatan prioritaskan pengamanan personel dan material serta tingkatkan bintal fungsi komandan dan untuk para babinsa tingkatkan pelaksanaan Komsos di desa binaan, sehingga dapat merebut hati dan pikiran masyarakat dengan berbicara dan bersikap yang baik dan menjadi contoh sehingga dapat dipercayakan masyarakat" ujarnya.

Baca juga: Dandim Jakarta Selatan tekankan kawasan TNI bebas dari APK 

Ia memberikan apresiasi dan penghargaan kepada Sersan Satu GB Subekti jabatan Babinsa Desa Beluluk Koramil 413-09/Pkl Baru, karena telah membawa desa Beluluk menjadi Juara 2 Kampung Pancasila di tingkat Angkatan Darat.

Penghargaan tersebut dia berikan pada pelaksanaan apel luar biasa di lapangan Markas Komando Korem 045/Garuda Jaya yang di ikuti 621 orang personil satuan kewilayahan itu, Kodim 0413/Bka, Kodim 0431/Babar, Kodim 0432/Basel, Batalyon 147/KGJ dan Satbalakrem 045/Gaya serta Vicon dengan Kodim 0414/Blt pada Jumat (5/1/2024).

Baca juga: Timnas AMIN ingin TNI-Polri netral hingga pemilu selesai

Baca juga: Warga diminta tak gunakan atribut parpol berfoto di area militer

Pewarta: Aprionis
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2024