Jakarta (ANTARA) - Netflix selain menghadirkan tontonan baik film maupun serial di aplikasinya, diketahui juga sejak tiga tahun yang lalu menghadirkan gim-gim sebagai bagian dari layanannya.

Tercatat baru sekitar 1 persen pelanggan yang tertarik memainkan gim tersebut di samping mengakses film dan tayangan dari aplikasi besutannya.

Sejauh ini gim yang dihadirkan lewat layanan tersebut tidak dipungut biaya yang artinya pengguna bisa memainkannya secara gratis baik untuk pengguna Android maupun iOS.

Baca juga: Netflix akan gelar pertandingan ekshibisi Nadal vs Alcaraz di Vegas

Bahkan di dalam gimnya tersebut tidak ada layanan berbayar maupun iklan yang memungkinkan gim bisa dimainkan sepuasnya tanpa terhambat oleh pelanggan dan tidak perlu mengeluarkan biaya tambahan.

Namun baru-baru ini terdengar kabar bahwa Netflix tengah berupaya mengembangkan gimnya untuk bisa menghasilkan keuntungan.

Pertama dilaporkan oleh Wall Street Journal, salah satu upaya agar gim dari Netflix mampu mendatangkan pundi-pundi uang ialah dengan menghadirkan iklan maupun layanan berbayar.

Baca juga: Netflix berencana luncurkan toko fisik Netflix House

Meski saat ini masih dalam tahap diskusi oleh para petinggi Netflix, namun diskusi tersebut telah membahas apakah dimungkinkan terjadi pembelian dalam aplikasi gim hingga pembahasan apakah untuk pelanggan yang saat ini memilih paket film dengan iklan juga akan mendapatkan gim dengan iklan.

Akan tetapi masih belum diketahui apakah rencana tersebut akan direalisasikan atau tidak.

Meski demikian besar kemungkinan apabila direalisasikan untuk berbayar dan disertai iklan, gim-gim yang saat ini berkembang di Netflix mungkin saja hanya memiliki umur yang pendek mengingat masih belum banyak yang tertarik pada gim-gim itu. Demikian dilaporkan oleh Phone Arena, Jumat (5/1).

Baca juga: YouTube uji coba fitur "Playables" untuk pelanggan Premium

Penerjemah: Livia Kristianti
Editor: Siti Zulaikha
Copyright © ANTARA 2024