Jakarta (ANTARA) - Tim Pemenangan Nasional (TPN) Ganjar-Mahfud menyatakan pasangan capres-cawapres dengan nomor urut tiga itu merupakan pemimpin bangsa yang otentik dan dibutuhkan oleh seluruh rakyat untuk membawa Indonesia lebih maju.

“Saya percaya Mas Ganjar adalah calon pemimpin bangsa calon presiden Republik Indonesia, yang memahami betul dan menguasai betul, persoalan-persoalan kehidupan berbangsa dan bernegara,” kata Wakil Ketua Umum TPN Ganjar-Mahfud Ahmad Basarah saat ditemui di Jakarta, Minggu.

Basarah menuturkan keotentikan yang dimiliki oleh pasangan Ganjar-Mahfud, seharusnya sudah bisa dilihat masyarakat dari bagaimana kinerja dan pengalaman keduanya selama bekerja dalam pemerintahan.

Ganjar misalnya, setidaknya sudah 10 tahun lebih berkutat mengurusi negara dengan menjadi anggota DPR RI. Pengalamannya semakin kaya ketika ia menjabat sebagai Gubernur Jawa Tengah periode 2013-2023.

“Pengalamannya sebagai anggota DPR dan juga Gubernur Jawa Tengah, telah memberikan pengetahuan, referensi dan pengalaman untuk menguasai masalah-masalah pertahanan, keamanan, geopolitik dan termasuk luar negeri,” katanya.

Begitu juga dengan Mahfud MD, katanya, yang telah berpengalaman sebagai ketua Mahkamah Konstitusi (MK), menteri pertahanan hingga akhirnya menjabat sebagai Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menkopolhukam).

Menurutnya, kedua tokoh bangsa itu menjadi kombinasi kepemimpinan yang tidak hanya penuh dengan kemampuan, tetapi juga berintegritas serta punya komitmen yang kuat untuk memimpin bangsa mencapai tujuan negaranya, bukan sekadar mendapatkan kekuasaan.

Maka dari itu, Basarah berharap debat capres ketiga yang diselenggarakan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) malam ini, dapat menjadi wadah bagi masyarakat untuk melihat sosok calon pemimpin yang sesungguhnya, bukan dari gimik ataupun gaya saat menyampaikan pemikirannya.

Sebab ia yakin, masyarakat saat ini sudah cukup cerdas dan berpengalaman untuk memilih seorang pemimpin yang baik bagi bangsa, yakni dengan melihat pengalaman-pengalaman yang telah dikerjakan.

“Mas Ganjar maju sebagai calon presiden, diusung oleh partai-partai pengusung. Niatnya adalah untuk memimpin bangsa ini, bukan niat untuk berkuasa. Kalau yang memimpin, maka ia tahu siapa yang akan dipimpin dan bagaimana cara memimpinnya,” ucap Ketua Rumah Aspirasi Ganjar-Mahfud Presiden 2024 itu.

Setelah debat kedua calon wakil presiden yang berlangsung pada Jumat, 22 Desember 2023 lalu, Komisi Pemilihan Umum (KPU) akan menggelar debat ketiga bagi para calon presiden periode 2024-2029 pada Minggu (7/1) di Istora Senayan, Jakarta.

Tema yang nantinya akan didebatkan oleh ketiga calon presiden berkaitan dengan pertahanan, keamanan, hubungan internasional, globalisasi, geopolitik dan politik luar negeri.

Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI pada hari Senin, 13 November 2023, menetapkan tiga bakal pasangan calon presiden dan wakil presiden menjadi peserta Pemilu Presiden dan Wakil Presiden (Pilpres) 2024 pukul 19.00 WIB.

Hasil pengundian dan penetapan nomor urut peserta Pilpres 2024 pada Selasa (14/11), pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar nomor urut 1, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka nomor urut 2, dan Ganjar Pranowo-Mahfud Md. nomor urut 3.

KPU juga telah menetapkan masa kampanye mulai 28 November 2023 hingga 10 Februari 2024, kemudian jadwal pemungutan suara pada tanggal 14 Februari 2024.

Baca juga: Pendukung Prabowo-Gibran datang ke Istora Senayan tanpa yel-yel

Baca juga: TPN: Pengalaman Ganjar cukup jadi bekal ikuti debat soal pertahanan

Baca juga: Ketua Bara JP: Pilpres satu putaran hemat biaya dan cegah polarisasi


Pewarta: Hreeloita Dharma Shanti
Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ANTARA 2024