Jakarta (ANTARA) - Pendukung calon presiden dan wakil presiden nomor urut 3 Ganjar Pranowo-Mahfud Md mengacungkan 3 jari selama belasan detik ketika capres nomor urut 2 Prabowo Subianto berpidato soal isu pertahanan ketika membuka debat kedua capres, Minggu malam.

Gestur 3 jari ala 'Hunger Games' ini diperkenalkan Ganjar melalui akun media sosialnya pada akhir November 2023.

Pemandangan itu berlangsung sekitar 15 detik ketika Prabowo bicara soal keyakinannya bahwa dengan pertahanan yang kuat, Indonesia akan kembali dihormati di kancah dunia.

Tak hanya itu, pendukung Ganjar-Mahfud juga mengacungkan 3 jari saat capres nomor urut 1 Anies Baswedan berpidato. Kendati demikian, mereka lebih banyak mengacungkan jari saat Prabowo berpidato.

Pendukung Ganjar-Mahfud dialokasikan kursi tepat tegak lurus menghadap panggung. Puluhan orang itu mengenakan seragam pramuka pada hari ini.

Baca juga: Ganjar berkomitmen hadirkan sistem pertahanan 5.0

Baca juga: Saat debat, Anies singgung serangan peretas ke situs Kemenhan


Untuk diketahui, KPU RI menggelar Debat Ketiga Capres Pemilu 2024 yang diikuti oleh tiga capres di Istora Senayan, Jakarta, Minggu malam, mulai pukul 19.00 WIB.

Debat yang diikuti oleh capres untuk kedua kalinya itu mengangkat tema pertahanan, keamanan, hubungan internasional, globalisasi, geopolitik, dan politik luar negeri.

Sebelumnya, debat pertama capres Pemilu 2024 telah diselenggarakan di Kantor KPU RI, Jakarta, pada tanggal 12 Desember 2023. Kemudian, debat kedua cawapres Pemilu 2024 digelar di Balai Sidang JCC Senayan, Jakarta, pada tanggal 22 Desember 2023.

Rangkaian debat capres-cawapres dijadwalkan masih berlangsung tiga kali lagi, yakni pada tanggal 7 Januari 2024, 21 Januari 2024, dan 4 Februari 2024.

Baca juga: Prabowo: Kita bertekad harus punya pertahanan kuat

KPU menetapkan peserta Pilpres 2024, yakni pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar nomor urut 1, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka nomor urut 2, dan Ganjar Pranowo-Mahfud Md nomor urut 3.

Masa kampanye berlangsung mulai 28 November 2023 hingga 10 Februari 2024, sedangkan jadwal pemungutan suara pada tanggal 14 Februari 2024.

Pewarta: Narda Margaretha Sinambela
Editor: Chandra Hamdani Noor
Copyright © ANTARA 2024