Jakarta (ANTARA) - Pembalap Prancis Stephane Peterhansel menyamai rekor kemenangan etape Dakar terbanyak yang dipegang Ari Vatanen asal Finlandia setelah menjadi yang tercepat pada etape kedua ajang reli ketahanan yang berlangsung di Arab Saudi, Minggu.

Mengendarai mobil listrik purwarupa Audi, Peterhansel menyelesaikan etape sejauh 463km dari Al Henakiyah ke Al Duwadimi itu dengan catatan tercepat, mengalahkan juara dunia reli sembilan kali Sebastien Loeb yang finis kedua dengan mobil Prodrive dengan margin 29 detik.

Seth Quintero melengkapi podium untuk tim Toyota, tiga menit 11 detik berselang, demikian laman resmi Dakar.

Kesuksesan itu menjadi etape ke-50 yang dimenangi Peterhansel di kategori mobil, yang menjadikan total kemenangan etape yang diraih sang pembalap veteran menjadi 83, termasuk di kategori sepeda motor.

Baca juga: Ekstrom bawa Audi menangi etape prolog Dakar 2024

Sementara itu, rekan satu timnya di Audi, Carlos Sainz merebut pimpinan klasemen umum dengan keunggulan satu menit 51 detik dari pembalap tuan rumah Yazeed Al Rajhi dari tim Overdrive Toyota.

Sedangkan Loeb, yang mengincar gelar pertamanya di Dakar, membayangi sang pembalap veteran Spanyol di peringkat tiga klasemen umum dengan margin empat menit 17 detik.

"Hari ini kami mencetak waktu yang baik dan menikmati perjalanannya, dengan trek dan gunung pasir yang indah pada pagi hari," kata Peterhansel.

"Tidak ada rute datar hari ini, tak ada kesalahan navigasi juga, jadi ini etape yang bagus. Kemarin mengecewakan karena saya tidak mampu mengendara di atas batuan dengan baik."

Baca juga: Al-Attiyah incar gelar Dakar keenam

Dakar masih panjang, kata Peterhansel, yang memiliki kesempatan besar untuk menyalip rekor yang dipegang oleh Vatanen di Dakar tahun ini.

"Dia adalah legenda. Ketika dia masih membalap di Dakar, dia sering memenangi etape dan klasemen keseluruhan ... tapi ini berarti saya masih punya kesempatan mengalahkan dia."

Juara bertahan Nasser Al-Attiyah finis keempat dan sementara ini terpaut 12 menit 16 detik dari Sainz di peringkat tujuh klasemen.

Di kategori sepeda motor, Ross Branch dari tim Hero masih memegang kendali klasemen umum dengan margin dua menit 55 detik dari Jose Ignacio Cornejo Florimo yang merebut kemenangan etape hari ini untuk tim Honda.

Juara Dakar 2020 Ricky Brabec membayangi di peringkat ketiga dengan jarak tujuh menit 15 detik.

Sementara itu, pembalap Spanyol Carles Falcon diterbangkan ke rumah sakit di Al-Duwadimi karena cedera serius setelah terjatuh dari sepeda motornya.

Falcon, yang membalap untuk tim Twintrail Racing, berada di peringkat ke-76 klasemen setelah etape hari Sabtu.

Baca juga: Tolong rival yang kecelakaan, Branch menangi etape pertama Dakar 2024
Baca juga: Benavides dan Price siapkan strategi terbaik demi taklukkan Dakar 2024

Pewarta: Aditya Eko Sigit Wicaksono
Editor: Irwan Suhirwandi
Copyright © ANTARA 2024