Jakarta (ANTARA) - Sejumlah klub bola basket Indonesia mulai merilis skema penjualan tiket pertandingan pada laga kandang menjelang dimulainya musim kompetisi Indonesia Basketball League (IBL) 2024 pada 13 Januari mendatang.

Klub Satria Muda Pertamina Jakarta yang akan menjalani laga kandang pertamanya pada 13 Januari sudah menyiapkan skema pembelian tiket dengan inovasi tersendiri yang bisa memanjakan para fans.

Mengutip laman resmi IBL di Jakarta, Selasa, Satria Muda menyiapkan lima model penjualan tiket yang disiapkan.

Pertama, Early Bird Access yang merupakan akses eksklusif untuk membeli tiket lebih awal dari penjualan tiket secara reguler. Early Bird Access merupakan sebuah akses yang hanya dijual pada awal musim dan jumlahnya terbatas.

Keuntungan bagi pemilik Early Bird Acces ini yaitu bisa memiliki akses pembelian tiket lebih awal (24-18 jam) dari penjualan secara umum. Pemegang Early Bird Access juga mendapatkan harga spesial untuk Season Pass, lalu ada diskon eksklusif untuk pembelian tiket kategori VIP 1, dan terakhir ada voucher diskon untuk pembelian merchandise Satria Muda. Akses ini bisa dibeli di situs GOERS.

Model tiket kedua adalah Season Pass, yang mana ini adalah tiket terusan untuk 13 laga kandang dalam satu musim reguler Satria Muda. Satu akun maksimal dapat membeli satu tiket Season Pass, dan hanya tersedia untuk kategori VIP 1.

Baca juga: IBL tip-off 13 Januari, pembukaan di Bali dan big match di Bandung

Model selanjutnya adalah Back to Back Bundle Pack, yang merupakan tiket untuk dua pertandingan dalam satu akhir pekan yang sama, dengan harga tiket yang lebih menguntungkan. Lalu ada Regular Ticket, yang dijual dengan harga normal pada periode penjualan tiket reguler.

Terakhir ada Away Section Ticket. Ini cukup menarik, karena Satria Muda membuat tempat khusus untuk pendukung tim tamu. Pemilik tiket tersebut akan ditempatkan secara terpisah di section suporter tamu. Perlu dicatat bahwa tiket pertandingan bisa didapatkan di satriamuda.id.

Satria Muda akan memainkan laga kandang perdana pada 13 Januari 2024, melawan Borneo Hornbills. Untuk pertandingan ini, Satria Muda akan memakai Hall Basket Senayan di kawasan Gelora Bung Karno

Selain Satria Muda, klub asal Jawa Timur Pacific Caesar Surabaya juga sudah mempersiapkan penjualan tiket dengan matang.

Mereka menggandeng tiket.com untuk penjualan tiket laga kandang IBL Tokopedia 2024. Ada tiga kategori tempat duduk yang disediakan di GOR Pacific sebagai markas dari Pacific Caesar.

Pacific akan memainkan laga pembuka musim pada hari pertama, Sabtu 13 Januari 2024 melawan tim debutan di IBL Rajawali Medan.

Baca juga: Pelatih Pacific Caesar optimistis pemainnya bisa bersaing di IBL 2024

Kemudian, Pacific akan kembali menjamu Tangerang Hawks Basketball, pada 14 Januari 2024. Kedua laga ini diselenggarakan di GOR Pacific, yang terletak di kawasan Kenjeran, Surabaya.

Harga tiket pertandingan kandang Pacific Caesar Surabaya ada tiga kategori sesuai dengan tempat duduk. Untuk tribun harganya Rp50 ribu, untuk VIP dibanderol seharga Rp125 ribu, dan courtside atau tepi lapangan seharga Rp150 ribu. Semua penjualan tiket melalui daring, sehingga tidak ada loket penjualan langsung.

Untuk satu akun pembeli bisa digunakan untuk membeli empat tiket. E-Tiket yang sudah didapatkan, harus ditunjukkan kepada petugas di pintu masuk, untuk bisa menyaksikan laga-laga seri Pacific Caesar Surabaya.

Pacific berharap dukungan seluruh warga masyarakat Surabaya. Terutama dengan menyaksikan secara langsung saat mereka bermain di kandang.

Hal tersebut dinilai akan memberikan suntikan semangat sekaligus pendapatan bagi klub itu sendiri. Karena dengan sistem format laga kandang dan tandang, penjualan tiket dikelola oleh masing-masing tim dan menjadi pendapatan klub.

Baca juga: 39 pemain asing ramaikan IBL 2024

Pewarta: Aditya Ramadhan
Editor: Irwan Suhirwandi
Copyright © ANTARA 2024