"SCG akan terus fokus pada R and D (Litbang red) sebagai mekanisme utama untuk mendorong pertumbuhan berkelanjutan di ASEAN. Kami ingin memotivasi ASEAN untuk lebih berperan pada Litbang,"
Bangkok (ANTARA News) - Industri semen dan komponen perumahan Thailand SCG (Siam Cement Group) mencatatkan total penjualan sebesar 136,762 miliar baht (4,560 juta dolar AS) atau sekitar Rp45,6 triliun pada tahun 2012.

Presiden dan CEO SCG, Kan Trakulhoon mengemukakan hal tersebut dalam keterangan pers kepada puluhan wartawan dari negara ASEAN di Bangkok, Thailand, Kamis (15/8) dalam rangkaian acara HUT ke-100 SCG yang diisi pameran produk inovasi dan teknologi unggulan SCG.

Kan mengatakan, pada tahun 2004 total penjualan SCG baru mencapai 7,783 miliar baht (200 juta dolar) atau sekitar Rp2 triliun, sedangkan delapan tahun kemudian perusahaan raksasa itu mencatat total penjualan menjadi Rp45,6 triliun.

Menurut Kan, keberhasilan peningkatan penjulan produknya karena SCG terus mengembangkan teknologi produk dan jasa bernilai tambah tinggi melalui peningkatan anggaran dan SDM yang berkualitas tinggi di badan penelitian dan pengembangan (Litbang).

Badan Litbang SCG saat ini didukung 1.034 tenaga ahli dan 71 peneliti bergelar PhD untuk merancang produk dan jasa yang bernilai tambah tinggi. SCG kini memiliki 47.673 karyawan, 14.611 merupakan staf operasional yang tersebar di sejumlah negara. Staf operasional SCG di Indonesia sebanyak 6.091 orang.

Anggaran Badan Litbang SCG juga meningkat dari 1 juta dolar AS (Rp10 miliar) pada 2004, sedangkan pada 2012 meningkat menjadi 48 juta dolar AS atau Rp480 miliar, katanya.

"SCG akan terus fokus pada R and D (Litbang --red) sebagai mekanisme utama untuk mendorong pertumbuhan berkelanjutan di ASEAN. Kami ingin memotivasi ASEAN untuk lebih berperan pada Litbang," tambahnya.

Pada kesempatan itu, Kan menjelaskan, SCG 100th "Anniversary Innovative Exposition" yang bertemakan  "The World of Innovations and Sustainability" juga merupakan bentuk komitmen perusahaan dalam menciptakan produk dan jasa inovatif untuk mencapai masa depan dan lingkungan yang lebih baik.

"Menuju tahun 2015, SCG berkomitmen untuk menjadi pemimpin bisnis terkemuka ASEAN yang memberikan nilai tambah bagi pelanggan, karyawan maupun pemangku kepentingan lainnya," katanya.

HUT ke-100 SCG juga diisi Forum Inovasi Thailand 2013 yang dibuka PM Thailand Yingluck Shinnawatra dan menghadirkan pembicara Senior Vice President Dupont Douglas Muzyka dan President SCG Kan Trakulhoon.(*)

Pewarta: Ruslan Burhani
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2013