Indonesia merupakan negara dengan jumlah penduduk muslim terbesar di dunia. Keunggulan ini menjadikan Indonesia memiliki potensi ekonomi syariah sangat besar termasuk juga di perbankan syariah
Jakarta (ANTARA) - BUMN PT Bank Syariah Indonesia Tbk (BSI) bekerja sama dengan PT Mandiri Sekuritas (Mansek) untuk meluncurkan pembukaan rekening dana nasabah (RDN) secara daring yang bertujuan, di antaranya, guna memperluas akses masyarakat terhadap pasar modal syariah.

Direktur Utama BSI Hery Gunardi dalam acara peluncuran kerja sama di Jakarta, Selasa, mengatakan kerja sama ini merupakan langkah strategis untuk mendorong peningkatan jumlah investor syariah di Indonesia.

"Indonesia merupakan negara dengan jumlah penduduk muslim terbesar di dunia. Keunggulan ini menjadikan Indonesia memiliki potensi ekonomi syariah sangat besar termasuk juga di perbankan syariah," kata Hery.

Berdasarkan data Bursa Efek Indonesia (BEI), jumlah investor pasar modal syariah Indonesia masih kecil, yaitu di bawah 3 persen dari total jumlah investor pasar modal di Indonesia.

Dengan kerja sama ini, nasabah BSI dapat membuka RDN secara daring melalui aplikasi MOST milik Mansek. RDN merupakan rekening yang wajib dimiliki oleh nasabah untuk melakukan transaksi saham.

Hery mengungkapkan BSI memiliki potensi besar untuk menjaring nasabah baru guna merambah pasar modal syariah. Hal ini karena BSI memiliki sekitar 65.000 nasabah prioritas dan 19 juta nasabah biasa, di mana sekitar 30-35 persen di antaranya adalah generasi milenial.

Menurutnya, kerja sama ini dapat mendorong pertumbuhan jumlah investor pasar modal syariah di Indonesia menjadi 1 juta investor pada tahun 2024.

"Kami optimistis kerjasama ini dapat memberikan kontribusi positif bagi pertumbuhan pasar modal syariah di Indonesia," ujar Hery.

Baca juga: Mandiri Sekuritas: Literasi penting untuk tingkatkan investor syariah
Baca juga: BEI tingkatkan literasi pasar modal syariah mahasiswa di Jambi
Baca juga: MES edukasi warga Kotawaringin Timur investasi di pasar modal syariah


Hery mengatakan BSI akan menerapkan dua strategi untuk meningkatkan kinerja dari kerja sama ini. Strategi pertama adalah strategi internal, yaitu dengan melakukan sosialisasi kepada nasabah BSI.

"Kami akan melakukan sosialisasi kepada nasabah BSI, baik nasabah prioritas maupun nasabah reguler, termasuk juga nasabah yang sudah memiliki BSI mobile," kata Hery.

Strategi kedua adalah strategi eksternal, yaitu dengan mengundang calon nasabah baru untuk membuka RDN online.

"Kami akan mengundang calon nasabah baru untuk membuka RDN online, sekaligus membuka rekening tabungan biasa di BSI," ujar Hery.

Dengan demikian ia berharap kerjasama BSI dan Mandiri Sekuritas dapat memperkuat dan memperdalam industri keuangan syariah di Indonesia serta dapat mewujudkan mimpi Indonesia menjadi episentrum keuangan syariah dunia.

Pewarta: Arif Prada
Editor: Indra Arief Pribadi
Copyright © ANTARA 2024