Sumbangan PAD dari sektor pariwisata pada 2023 lampaui target Rp390 miliar, tentu ini sangat menggembirakan.
Makassar (ANTARA) - Kepala Dinas Pariwisata Kota Makassar Muhammad Roem mengatakan capaian pendapatan asli daerah (PAD) dari sektor pariwisata di Kota Makassar, Sulawesi Selatan pada 2023 melampaui target.

"Sumbangan PAD dari sektor pariwisata pada 2023 lampaui target Rp390 miliar, tentu ini sangat menggembirakan," kata Roem, di Makassar, Selasa.

Menurut dia, data capaian PAD tersebut telah diterima dari pihak Bappeda Kota Makassar pada 28 Desember 2023 lalu.

Dengan capaian target tersebut, kata dia lagi, sejalan dengan pencanangan branding Kota Makassar pada 2023 sebagai Kota Makan Enak, turut berkontribusi pada PAD Kota Makassar.

"Pajak restoran dan hotel mencatat sebagai penyumbang terbesar dari PAD Dinas Pariwisata Kota Makassar," kata Roem.

Hal itu sejalan dengan tumbuhnya industri ekonomi kreatif baik di bidang kuliner maupun sektor perfilman, seperti DL Entertainment yang meluncurkan film "Pulang Tak Harus Rumah".

Menurut dia, ekonomi kreatif dengan hadirnya sineas-sineas Kota Makassar menjadi bukti bahwa kota ini tidak kalah dengan ibu kota negara untuk menghadirkan film yang berkualitas dan bernilai edukasi.

"Di awal tahun ini karya putra daerah dapat menasional, karena filmnya diputar bukan hanya di Kota Makassar tetapi di daerah lainnya juga," katanya pula.
Baca juga: KPK bantu Pemkot Makassar tingkatkan PAD sebesar 40 persen
Baca juga: PAD meningkat, Pemkot Makassar naikkan insentif RT/RW tahun depan

Pewarta: Suriani Mappong
Editor: Budisantoso Budiman
Copyright © ANTARA 2024