Jakarta (ANTARA) -
Tim Pemenangan Nasional Ganjar-Mahfud mengunjungi Ketua KPU RI Hasyim Asy'ari untuk menyampaikan evaluasi seputar gelaran debat ketiga Pilpres 2024, Minggu (7/1), sekaligus mengklarifikasi sejumlah permasalahan yang muncul di publik terkait dengan tahapan pemilu.
 
Deputi Hukum Tim Pemenangan Nasional (TPN) Ganjar-Mahfud, Todung Mulya Lubis, menerangkan bahwa kunjungan pihaknya semata-mata untuk memastikan serta menjaga kualitas maupun integritas tahapan Pemilu 2024 yang tengah berjalan.
 
"Pak Hasyim sebagai Ketua KPU sudah membuka hotline. Jadi, kami akan terus berkomunikasi dengan pihak KPU. Kalau ada sesuatu yang terjadi di lapangan, membutuhkan komunikasi dan klarifikasi dari pihak KPU," kata Todung Mulya Lubis di Kantor KPU RI, Jakarta, Selasa.
 
Todung melaporkan kepada Ketua KPU sejumlah skeptisisme publik, antara lain, terkait dengan netralitas aparat, adanya praktik politik uang, hingga kasus kriminalisasi yang turut mewarnai proses menuju Pemilu 2024 di tingkat kabupaten/kota.
 
"Ini juga proses yang harus diwaspadai dan proyeksi bersama-sama. Yang saya tahu adalah pihak KPU punya guideline (pedoman) yang jelas, tetapi ekses di bawah bisa saja terjadi," jelasnya.

Ia meyakini KPU memiliki komitmen untuk membangun ekosistem pemilu yang betul-betul demokratis sehingga kehormatan Indonesia dalam menyelenggarakan kontestasi politik tetap terjaga di mata dunia.
 
Kunjungan TPN Ganjar-Mahfud tersebut diterima langsung dengan baik oleh Ketua KPU RI Hasyim Asy'ari di Kantor KPU RI, Menteng, Jakarta Pusat.
 
"Jadi, pada hari ini, Selasa, 9 Januari 2024, KPU menerima kunjungan silaturahmi dari TPN pasangan calon nomor urut 3, Mas Ganjar dan Pak Mahfud," kata Ketua KPU Hasyim Asy'ari kepada awak media.

Baca juga: Todung sebut Megawati optimistis Ganjar-Mahfud menang satu putaran
Baca juga: TPN Ganjar-Mahfud gelar bimtek pelaporan dugaan pelanggaran pemilu
 
Selepas debat pertama pada tanggal 12 Desember 2023 dan debat kedua pada tanggal 22 Desember 2023, KPU menggelar debat ketiga yang kembali mempertemukan para capres.
 
Tema debat ketiga yang diselenggarakan KPU di Jakarta, Minggu (7/1), meliputi pertahanan, keamanan, hubungan internasional, globalisasi, geopolitik, dan politik luar negeri.
 
Sebelumnya, Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI telah menetapkan peserta Pemilu Presiden dan Wakil Presiden (Pilpres) 2024, yakni pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar nomor urut 1, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka nomor urut 2, dan Ganjar Pranowo-Mahfud Md. nomor urut 3.
 
KPU juga telah menetapkan masa kampanye mulai 28 November 2023 hingga 10 Februari 2024, kemudian jadwal pemungutan suara pada tanggal 14 Februari 2024.

Pewarta: Hana Dewi Kinarina Kaban
Editor: D.Dj. Kliwantoro
Copyright © ANTARA 2024