...termasuk dalam kategori "sangat kuat".
Wellington (ANTARA News) - Serangkaian gempa sangat kuat terus mengguncang bagian tengah Selandia Baru--sedikitnya delapan guncangan guncangan dengan kategori "sangat kuat" dan tiga dengan kategori "kuat"--dalam waktu kurang dari satu jam, Jumat.

Gempa pertama terjadi pada pukul 14.31 waktu setempat dan berpusat 10 kilometer di sebelah tenggara Seddon di utara-jauh South Island, dengan kedalaman 8 kilometer, kata dinas pemantau gempa pemerintah, GeoNet.

Gempa tersebut berkekuatan 6,2 pada Skala Richter (SR) dan termasuk dalam kategori "sangat kuat".

Gempa dengan kekuatan 5,6 pada Skala Richter mengguncang pada pukul 14.37 dan berpusat lima kilometer di sebelah tenggara Seddon dengan kedalaman lima kilometer, demikian dilaporkan Xinhua.

Gempa dengan kekuatan 4,2 Skala Richter terjadi pada pukul 14.41, dengan pusat 35 kilometer di sebelah timur-laut Seddon dengan kedalaman lima kilometer.

Enam gempa lagi dengan kekuatan dari 4,9 Skala Richter, 5,8 sampai dua gempa kuat --keduanya tercatat 4,5 pada Skala Richter-- terjadi selama 20 menit berikutnya.

Tak ada laporan mengenai orang yang cedera, meskipun satu rumah dilaporkan telah ambruk di dekat Seddon.

Wellington telah melaporkan kehilangan sinyal telepon genggam dan layanan kereta di kota itu telah dihentikan.

Dua gempa kuat yang tercatat 6,5 dan 5,5 Skala Richter di wilayah yang sama mengguncang pada 21 Juli, sehingga beberapa bagian tengah Wellington selama dua hari sesudahnya, sementara para insinyur menilai kerusakan pada bangunan.
(C003)

Editor: Ella Syafputri
Copyright © ANTARA 2013