AFC yakin bahwa Qatar akan menjadi tuan rumah Piala Dunia yang luar biasa...
Kuala Lumpur (ANTARA News) - Ketua Konfederasi Sepak Bola Asia (AFC) menegaskan dukungannya terhadap Qatar untuk menyelenggarakan Piala Dunia 2022, meski para ofisial Inggris menyarankan ajang itu dipindah ke tempat lain.

Shaikh Salman bin Ebrahim Al Khalifa mengatakan Qatar akan "membuat Asia bangga dengan turnamen itu," meski terdapat kecemasan mengenai penyelenggaraan di tengah musim panas negeri Teluk.

"AFC yakin bahwa Qatar akan menjadi tuan rumah Piala Dunia yang luar biasa, di bawah arahan FIFA, dan dengan menjadi kedua kalinya Asia menjadi tuan rumah Piala Dunia FIFA," kata Shaikh Salman dalam pernyataannya seperti dikutip AFP. "Kami yakin Qatar akan membuat Asia bangga."

Pemilihan waktu penyelenggaraan ajang ini telah menjadi isu yang merepotkan FIFA dan UEFA, badan sepak bola dunia dan Eropa, serta Persatuan pesepak bola FIFPro, yang meminta turnamen itu diselenggarakan pada musim dingin.

Greg Dyke, ketua FA yang baru, mengatakan turnamen ini semestinya dipindah dari Qatar, pandangan yang mendapat dukungan dari ketua eksekutif Liga Utama Inggris Richard Scudamore pada pekan ini.

"Pada akhirnya, FIFA membuat keputusan yang tidak meminta komentar kami sama sekali," kata Scudamore pada Kamis. "Mereka memutuskan Piala Dunia akan dilangsungkan pada musim panas di Qatar."

"Pandangan kami adalah, jika dianggap tidak mungkin oleh FIFA, mereka perlu memindahkan lokasinya. Kita tidak dapat, berkehendak secara tiba-tiba, untuk memindahkannya ke musim dingin."

Korea Selatan dan Jepang menjadi tuan rumah bersama untuk menyelenggarakan Piala Dunia 2002 pada musim panas di Asia Timur, pertama kalinya benua ini menyelenggarakan ajang sepak bola terbesar di dunia.

Terpilihnya Qatar yang kecil dan kaya minyak sebagai tuan rumah Piala Dunia 2022 telah menjadi kontroversi sejak mereka memenangi hak itu pada 2010, setelah proses pengajuan tawaran yang dihantam tudingan-tudingan korupsi.

Shaikh Salman terpilih sebagai presiden AFC pada Mei setelah kepergian pebisnis Qatar Mohamed bin Hammam, yang berjuang melawan tuduhan-tuduhan korupsi dan juga terlibat pada upaya pemenangan negaranya sebagai tuan rumah Piala Dunia.

Shaikh Salman, yang merupakan anggota keluarga kerajaan di Bahrain, yang merupakan tetangga Qatar, juga menyuarakan optimismenya mengenai keberhasilan negara-negara Asia di turnamen yang akan dilangsungkan di Qatar itu.

Penerjemah: Rauf Andar 

Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2013