Jakarta (ANTARA News) - Penyanyi Mike Mohede mengenang perayaan kemerdekaan Indonesia saat dirinya belia, termasuk lomba balap karung yang diikutinya. Jebolan Indonesian Idol itu punya pengalaman menarik saat menjadi salah satu peserta. 

Mike bercerita, saat mulai melompat, dirinya kehilangan keseimbangan sehingga menabrak peserta lain yang ada di depannya. Tabrak menabrak itu berlanjut terus hingga enam peserta yang posisinya berdekatan pun jatuh bersama-sama.

"Pertama ikut balap karung saat SD, waktu itu saya kehilangan keseimbangan," katanya di Jakarta, Jumat.

"Jadi efek domino karena saat saat saya yang ada di paling belakang jatuh, kena badan teman yang ada di depan, sampai enam orang jatuh," tukasnya geli.

Tidak hanya itu pengalaman lomba 17-an yang berkesan baginya. Mike pun membuat lomba makan kerupuk menjadi heboh lantaran dia terlalu bersemangat.

"Karena saya gigit terlalu nafsu, saya loncat dan caplok dan bawa itu kerupuk ke bawah, kerupuk satu rentetan benangnya copot," celotehnya.

Bila dahulu dia menjadi peserta, kini Mike cukup menjadi penonton sekaligus mengabadikan momen-momen yang terjadi setahun sekali. Apalagi, perayaan seperti itu masih ramai berlangsung di daerah rumahnya.

"Di daerah rumah saya masih ramai, masih ada panjat pinang, bunyi-bunyi MC dari kampung belakang pun terdengar ke rumah saya. Juga petasan dar der dor," celotehnya.

Meskipun begitu, dia menyadari bahwa lomba-lomba yang berlangsung untuk merayakan kemerdekaan bangsa Indonesia saat ini tidak sebanyak dahulu. Menurut Mike, era anak-anak saat ini memang sudah berbeda.

"Anak-anak kecil sekarang sudah mengerti main gadget dan media sosial. Eranya sudah beda," tukasnya.

Namun, bukan berarti perayaan yang meriah di masa lalu harus dibiarkan punah. 

"Kan bisa bikin kayak ulang tahun Jakarta, seperti festival rakyat. Dikemas sedemikian rupa, sehingga di festival rakyat ada live music, ada bazar, juga lomba-lomba," usulnya.

Pewarta: Nanien Yuniar
Editor: Desy Saputra
Copyright © ANTARA 2013