Jakarta (ANTARA) - Manajemen LRT Jakarta optimis mengangkut 2.808 penumpang setiap harinya atau lebih dari satu juta penumpang sepanjang 2024.

"Target kita tahun ini 2.808 penumpang per hari," kata Head of Corporate Secretary Division LRT Jakarta Sheila Indira Maharshi saat dihubungi di Jakarta, Jumat.

Sheila menuturkan optimisme ini diraih berkaca pada sebanyak 1.037.162 jumlah penumpang sepanjang 2023 lalu. Angka tersebut merupakan total dari rata-rata 2.842 penumpang setiap harinya.

"Mayoritas penumpang naik dan turun di Stasiun Velodrome sebagai tempat tujuan selama menggunakan LRT Jakarta," katanya.

Baca juga: LRT Jakarta angkut 3.545 penumpang pada malam tahun baru

Manajemen berterima kasih kepada seluruh tim LRT Jakarta sekaligus pengguna moda telah memanfaatkan layanan publik dengan baik.

Pencapaian target tersebut didukung fasilitas dan perawatan dari LRT Jakarta agar penumpang semakin nyaman menggunakan transportasi umum untuk menghindari kemacetan di jalan raya.

Karena itu, diharapkan sebanyak 750 penumpang LRT Jakarta bisa tertampung dalam sekali perjalanan.

PT LRT Jakarta mengangkut sebanyak 3.545 penumpang sebagai pilihan moda transportasi umum bagi masyarakat pada malam Tahun Baru 2024.

Kenaikan jumlah penumpang ini juga dipengaruhi adanya perpanjangan jam operasional mulai pukul 05.30 hingga 02.00 dengan "headway" atau selang waktu antarkereta 10 menit.

Baca juga: LRT Jakarta disarankan beroperasi lebih pagi

Dalam upaya meningkatkan pelayanan transportasi publik kepada masyarakat, LRT Jakarta sedang membangun rute baru, yakni Fase 1B Velodrome-Manggarai dengan panjang trase 6,4 kilometer dan lima stasiun baru.
 
Dengan demikian, secara total, LRT Jakarta nantinya memiliki panjang trase 12,2 kilometer dan 11 stasiun.

Sebelumnya, PT LRT Jakarta memastikan standar kompetensi masinis dalam pengoperasian kereta api demi keamanan dan kelancaran perjalanan.

"Seorang masinis perlu memiliki beberapa standar kompetensi dan tanda kecakapan," kata Supervisor Departemen Awak Sarana Perkeretaapian (ASP) PT LRT Jakarta Rizal Echo saat ditemui di Stasiun LRT Pegangsaan Dua, Jakarta Utara.

Pewarta: Luthfia Miranda Putri
Editor: Sri Muryono
Copyright © ANTARA 2024