Konkretnya, mereka bisa magang di LRT
Jakarta (ANTARA) - PT LRT Jakarta memfasilitasi siswa Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) di Ibu Kota untuk memiliki kemampuan dalam bidang perkeretaapian melalui program keselarasan aspek penyelenggaraan pendidikan vokasi antara SMK dengan dunia kerja (link and match) demi meningkatkan relevansi pembelajaran.

"Ini komitmen LRT Jakarta mendukung program Pemerintah Provinsi DKI Jakarta dalam meningkatkan 'skill' dan kompetensi siswa guna relevansi pada pemenuhan kebutuhan industri masa kini," kata Direktur Utama PT LRT Jakarta Hendri Saputra, di Jakarta, Kamis.

Hendri menjelaskan program ini merupakan wujud komitmen LRT Jakarta untuk memfasilitasi kebutuhan industri saat ini khususnya di bidang transportasi perkeretaapian.

"Diharapkan fasilitas ini guna tersedianya bagi lulusan-lulusan SMK yang terampil dan siap untuk memasuki dunia kerja," katanya. 

Oleh karena itu, tegasnya, LRT Jakarta siap membuka pintu bagi siswa untuk mengimplementasikan pembelajaran di sekolah serta mendapatkan pengalaman dunia kerja khususnya di industri transportasi perkeretaapian.

Baca juga: LRT Jakarta optimis angkut 2,8 ribu penumpang setiap hari pada 2024

"Konkretnya, mereka bisa magang di LRT dalam periode tertentu," katanya memberikan contoh fasilitasi yang dimaksud dalam program itu.

Sebelumnya, Sekretaris Dinas Pendidikan Provinsi DKI Jakarta Taga Rajagah saat "kick off program Link and Match" pada Rabu (21/2) di Stasiun Velodrome LRT Jakarta,  menyampaikan apresiasinya terhadap LRT Jakarta karena menjawab tantangan dan peluang emas program itu. 

"Sinergi yang dibangun Dinas Pendidikan Provinsi DKI Jakarta dengan LRT Jakarta merupakan wujud konkrit implementasi revitalisasi pendidikan vokasi yang selaras dengan kebutuhan industri,” ujar Taga.

Taga menyebutkan bahwa program itu akan dilaksanakan secara holistik dan dua arah, baik oleh  SMK maupun industri.

Dengan begitu, tercipta ekosistem yang kondusif dalam pencapaian kompetensi lulusan SMK yang kelak dapat terserap sesuai dengan kebutuhan lapangan kerja.

Baca juga: LRT Jakarta angkut 3.545 penumpang pada malam tahun baru

Seremoni itu merupakan langkah lanjutan dari penandatanganan komitmen LRT Jakarta dengan Dinas Pendidikan DKI Jakarta terhadap program sejenis yang telah dilaksanakan pada beberapa waktu lalu.

Langkah yang diambil LRT Jakarta merupakan upaya untuk memberikan dampak positif yang nyata bagi masyarakat, khususnya dalam mempersiapkan generasi muda untuk menghadapi tantangan dan peluang di dunia kerja yang semakin kompleks.

Pewarta: Luthfia Miranda Putri
Editor: Edy Sujatmiko
Copyright © ANTARA 2024