prosesnya lama ... kami bahas kembali
Pasuruan (ANTARA) - Calon wakil presiden nomor urut 3 Mahfud MD mengatakan dirinya bersama calon presiden Ganjar Pranowo berjanji akan menghapus batas usia pelamar kerja jika mereka terpilih memenangi Pilpres 2024.

Mahfud menyatakan hal itu usai mengunjungi Pondok Pesantren Darut Tauhid Canga'an Bangil di Kabupaten Pasuruan, Jawa Timur, Jumat, untuk menanggapi adanya lowongan kerja di salah satu bank yang menetapkan batas maksimal usia pelamar 24 tahun.

"Kalau hanya keputusan menteri atau mungkin keputusan gubernur BI (Bank Indonesia), nanti bisa pemerintah lebih mudah untuk mengajak mengubah. Tinggal revisi undang-undang (UU) atau apa," kata Mahfud.

Baca juga: Mahfud pastikan kerja menko polhukam tak terganggu selama kampanye

Namun, dia tidak berjanji bahwa penghapusan batas usia pelamar kerja akan berjalan cepat meski telah diatur dalam UU.

"Kalau itu bunyi undang-undang, prosesnya lama; (tetapi) kami bahas kembali," kata Mahfud.
​​​​​​​
Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan tersebut mengaku belum mendengar ada peraturan yang membahas mengenai batas usia untuk melamar pekerjaan.

"Saya belum dengar. Mungkin keputusan gubernur BI kali, ya?" ujarnya.
​​​​​​​
Baca juga: Ganjar setuju hapus syarat batas usia daftar kuliah dan kerja

Sebelumnya, pada platform media sosial X, akun @worksfess mengunggah soal batasan usia untuk melamar pekerjaan dengan menyertakan informasi lowongan pekerjaan di bank Badan Usaha Milik Negara (BUMN), yakni PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk atau BTN, pada Selasa (9/1), pukul 22.25 WIB.

"Work! Sekelas BUMN aja diskriminasi soal umur," cuit akun tersebut yang hingga pukul 18.10 WIB telah mendapat 1,8 juta tayangan; 1,3 ribu unggahan ulang; 1,4 ribu kutipan; 14 ribu disukai; dan 1,8 ribu markah oleh pengguna X.

Sementara itu, akun pengguna @onemorextime membalas cuitan tersebut dengan menanyakan siapa kandidat Pilpres 2024 yang mengkampanyekan batas usia melamar kerja.

Baca juga: TPN: 17 juta lapangan kerja baru adalah kebutuhan dan keharusan

"Dear Bapak-Bapak calon presiden, tidak adakah dari kalian berkampanye tentang hal ini? Setidaknya kalau enggak mampu membuka lapangan pekerjaan, tolonglah persyaratan begini dihilangkan. Kami juga butuh hidup," cuitnya yang mendapatkan 178 ribu tayangan dan 7 ribu disukai oleh pengguna X.
​​​​​​​
Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI telah menetapkan tiga peserta Pilpres 2024, yakni pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar nomor urut 1, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka nomor urut 2, dan Ganjar Pranowo-Mahfud MD nomor urut 3.

Masa kampanye Pilpres 2024 berlangsung mulai 28 November 2023 hingga 10 Februari 2024, kemudian jadwal pemungutan suara pada tanggal 14 Februari 2024.

Baca juga: Ganjar-Mahfud MD janji buka lapangan kerja demi kejar ketertinggalan

Pewarta: Rio Feisal
Editor: Fransiska Ninditya
Copyright © ANTARA 2024