Belakangan, keberadaan parkir liar itu dikeluhkan warga
Jakarta (ANTARA) - Petugas gabungan meliputi personel dari Suku Dinas Perhubungan, Satpol PP, dan Polres Metro Jakarta Pusat, dan TNI menertibkan sepeda motor yang parkir sembarangan di kawasan Pasar Tanah Abang, Jumat.

Koordinator Lapangan Penertiban Suku Dinas Perhubungan Jakarta Pusat W. S Laoly mengatakan kegiatan yang melibatkan 100 personel gabungan ini bertujuan menertibkan kawasan Tanah Abang yang dipenuhi kendaraan parkir liar.

"Belakangan, keberadaan parkir liar itu dikeluhkan warga. Oleh karena itu, kami menyisir untuk penertiban pada hari ini mulai dari kawasan Kebon Kacang hingga AURI Tanah Abang," kata Laoly di Kawasan Pasar Tanah Abang, Jakarta Pusat, Jumat.

Ia menyebutkan bahwa dari penyisiran yang dilakukan, sebanyak 30 kendaraan roda dua diangkut karena parkir di bahu jalan atau trotoar.

Selain mengganggu pejalan kaki, parkir motor liar yang berada di tikungan juga menghambat lalu lintas di sekitar kawasan.

Dengan penertiban ini, masyarakat diharapkan lebih disiplin untuk memarkir kendaraan mereka di gedung dan tempat parkir yang disediakan oleh pengelola Pasar Tanah Abang.

Dalam kesempatan yang sama, Kepala Seksi Pengendalian Operasi Suku Dinas Perhubungan Jakarta Pusat Hario Bagus menambahkan bahwa kemacetan di Tanah Abang juga dipicu aktivitas bongkar muat kendaraan logistik pada saat jam sibuk.

Padahal, Pemprov DKI Jakarta sudah mengatur operasional bongkar muat bisa dilakukan di luar jam sibuk, mulai pukul 20.00 WIB sampai 05.00 WIB.

"Kalau bisa juga proses bongkar muat di area parkir sendiri sehingga tidak mengganggu lalu lintas. Tetap kita akan terus pantau agar tidak ada pelanggaran," kata Hario.
Baca juga: Dishub DKI: Stiker Heru di halte ajakan untuk menciptakan pemilu damai
Baca juga: Dishub DKI ajukan pemberhentian ASN pelaku kekerasan seksual
Baca juga: Legislator minta petugas Dishub DKI lebih humanis saat di lapangan

 

Pewarta: Mentari Dwi Gayati
Editor: Ganet Dirgantara
Copyright © ANTARA 2024