Jakarta (ANTARA) - Samsung pada pekan depan akan mengungkapkan ponsel kelas atas terbaru mereka seri Galaxy S24 dalam ajang Galaxy Unpacked.

Menjelang peluncuran Samsung Galaxy S24, semakin banyak informasi bocoran terkait spesifikasi dan fitur-fitur menarik yang bakal dibawa oleh suksesor Galaxy S23 series tersebut.

Dalam laporan 9to5 Google, Sabtu (13/1), terungkap bahwa pemilik ponsel pintar seri Galaxy S24 bakal mendapatkan keuntungan berupa pembaruan Android hingga tujuh tahun dan fitur pencarian unik bernama Circle to Search.

Baca juga: Samsung Galaxy S24 series disebut bakal lebih responsif pada sentuhan

Laporan itu berasal dari pembocor teknologi Evan Blass yang menyebutkan pembaruan Android dalam periode yang cukup panjang itu akan didukung oleh Google. Langkah Samsung itu mengikuti jejak Google yang juga memberikan janji pembaruan sistem operasi Android dalam jangka panjang pada ponsel besutannya yaitu Google Pixel 8.

Pembaruan dengan waktu yang lebih lama itu menjadi sebuah peningkatan mengingat seri Galaxy S23 saat ini baru mendukung pembaruan Android selama empat tahun saja dan lima tahun dukungan pembaruan keamanannya.

Selanjutnya, ponsel pintar itu juga bakal dilengkapi dengan kemampuan pencarian yang unik bernama Circle to Search.

Fitur itu sebenarnya dikembangkan oleh Google dan dideskripsikan sebagai fitur pencarian langsung dari layar tanpa pengguna melakukan screenshot atau tangkapan layar. Pengguna hanya perlu memanfaatkan S Pen-nya untuk membuat gambar lingkaran untuk mencari hal yang diinginkannya saat menjelajah ponsel.

Setelah itu, ponsel pintar bakal menampilkan hasil pencarian yang lebih detail baik itu dalam bentuk gambar, video, dan teks. Meski belum jelas bentuknya, kebenaran dari fitur itu baru bakal diketahui setelah ponsel tersebut dirilis.

Secara keseluruhan Evan menyebutkan bahwa Galaxy S24 series bakal fokus memanfaatkan kecerdasan artifisial pada fitur-fiturnya. Beberapa fitur yang dimaksud dan telah terkonfirmasi di antaranya kemampuan penerjemahan langsung untuk panggilan telepon dan peningkatan zoom untuk kamera di malam hari.

Baca juga: Seri Samsung Galaxy S24 dikabarkan meluncur pada 17 Januari 2024

Baca juga: Manfaat fitur LinkBoost yang ada di Oppo Reno11 5G

Baca juga: Apple berpotensi bawa fitur pengisian daya nirkabel pada iPad Pro

 

Penerjemah: Livia Kristianti
Editor: Natisha Andarningtyas
Copyright © ANTARA 2024