Sidoarjo (ANTARA News) - Seorang petugas kebersihan menemukan sebuah pistol di tempat sampah salah satu toilet Bandara Juanda, Sidoarjo, Jawa Timur.

Manager Aviation Security (Avsec) PT Angkasa Pura I Bandara Juanda, Sukirman, pada Rabu menjelaskan, senjata api tersebut ditemukan oleh salah seorang petugas kebersihan saat hendak membuang sampah dari salah satu toilet.

"Jenis senjata api yang ditemukan petugas kebersihan itu adalah pistol. Kami menduga senjata api itu sengaja ditinggal oleh pemiliknya," ujarnya di Sidoarjo.

Begitu mengetahui ada senjata api jenis pistol di tempat sampah, kata dia, petugas kebersihan itu langsung melaporkan kepada petugas keamanan.

"Kami langsung menyerahkan temuan tersebut kepada pihak terkait di Bandara Juanda, yakni Polisi Militer Angkatan Laut," ucapnya.

Ia mengatakan, senjata api jenis pistol tersebut ditemukan dalam keadaan kosong tanpa dilengkapi peluru dan masih berada di dalam sarungnya.

"Kami menduga senjata tersebut dibuang atau sengaja ditinggalkan oleh pemiliknya karena takut terkena pemeriksaan oleh petugas di Bandara Juanda," paparnya.

Ia juga mengemukakan, selama setahun terakhir ini terdapat ratusan temuan berupa dokumen resmi, seperti surat izin mengemudi (SIM), kartu tanda penduduk (KTP), paspor, surat nikah, kartu ATM dan surat tanda nomor kendaraan bermotor (STNK).

"Kalau ada yang merasa kehilangan surat-surat tersebut selama berada di Bandara Juanda, bisa segera menghubungi petugas," katanya.

Data dari Aviation Security (Avsec) PT Angkasa Pura I Bandara Juanda, temuan KTP sebanyak 654 buah, 48 SIM, 62 kartu ATM dari berbagai bank, 4 STNKB, dan 14 paspor.

Pewarta: Slamet Hidayat
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2013