Program BPBL tahun 2023 dilaksanakan di 10 Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3) yang tersebar di 23 kabupaten dan kota.
Medan (ANTARA) - PLN Unit Induk Distribusi (UID) Sumatera Utara berkolaborasi dengan pemerintah dan DPR  memasang secara gratis sambungan listrik untuk 4.500 keluarga di Sumut pada 2023 melalui program Bantuan Pemasangan Baru Listrik (BPBL).

"Program BPBL tahun 2023 dilaksanakan di 10 Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3) yang tersebar di 23 kabupaten dan kota," ujar General Manager PLN UID Sumatera Utara Awaluddin Hafid di Medan, Senin.

Awaluddin melanjutkan, para penerima bantuan adalah mereka yang terdaftar di Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) dan juga masyarakat yang berdomisili di wilayah tertinggal, terdepan dan terluar (3T).

Baca juga: Program Sambung Listrik Gratis PLN telah disalurkan ke 17.098 rumah Sebanyak 4.500 sambungan listrik baru tersebut sudah berstatus 100 persen menyala pada Oktober 2023.

Awaluddin menyebut, BPBL merupakan bagian dari upaya dari PLN untuk mencapai rasio elektrifikasi 100 persen serta meningkatkan taraf hidup dan ekonomi masyarakat.

Dengan mendapatkan akses listrik sendiri, PLN menyebut masyarakat tidak akan lagi bergantung pada instalasi listrik orang lain seperti tetangganya.

Menurut Awaluddin, masyarakat penerima program BPBL berhak mendapatkan instalasi tiga titik lampu dan satu kotak kontak.

Kemudian, masyarakat juga memperoleh jasa pemeriksaan, pengujian instalasi, penerbitan sertifikat laik operasi (SLO) serta penyambungan ke PLN dan token listrik perdana.

"Tahun 2024 akan ada target masyarakat penerima manfaat program BPBL dan kami siap mendukung penuh untuk memberikan pelayanan listrik kepada seluruh masyarakat serta meningkatkan rasio elektrifikasi khususnya di Sumatera Utara," kata Awaluddin Hafid.

Keberhasilan PLN UID Sumut menunaikan BPBL pada  2023 berbuah penghargaan dari Direktorat Jenderal Ketenagalistrikan Kementerian ESDM yang diberikan pada 18 Desember 2023 di Sorong, Papua.

Baca juga: 9.507 rumah tangga di Kepri dapat sambungan listrik gratis

Direktur Jenderal Ketenagalistrikan Kementerian ESDM Jisman Hutajulu menyampaikan bahwa penghargaan tersebut bentuk apresiasi dari Kementerian ESDM atas kesuksesan pelaksanaan program 100 persen BPBL di Sumatera Utara.

"Program ini merupakan upaya mewujudkan energi berkeadilan bagi seluruh masyarakat Indonesia. Baik Pemerintah, Kementerian ESDM maupun PLN terus bersama meningkatkan akses listrik untuk memberi manfaat dan mengubah kehidupan menjadi lebih baik," tutur Jisman.

Pewarta: Michael Siahaan
Editor: Nusarina Yuliastuti
Copyright © ANTARA 2024