Beijing (ANTARA News) - Film fiksi ilmiah  "Pacific Rim" tetap berada di puncak tangga box office (pemasukan dari bioskop) di China selama tiga pekan berturut-turut padahal film produksi Hollywood itu jeblok di negerinya sendiri.

Menurut angka film terlaris oleh China Film News Selasa, film tentang monster yang berlatar pada tahun 2020 itu telah meraup 640 juta yuan (104,5 juta dolar AS) hingga18 Agustus sejak diputar pada akhir Juli.

Pacific Rim di AS hanya meraup 52,3 juta dolar AS dalam pekan pertama di box office AS lalu  pemasukannya turun hampir 60  persen pada pekan kedua.

Douban.com, jaringan sosial China yang populer untuk film, meletakkan "Pacific Rim"  di peringkat 7,9 (dari 10), dengan pujian atas efek visualnya.

Di Douban.com., para pengulas menganjurkan agar Pacific Rim ditonton dalam format 3D atau IMAX.

Film AS lainnya, termasuk "Fast and Furious 6" dan "White House Down," laris di China  tetapi tampil buruk di Amerika Serikat.

Cai Yuheng, seorang senior di Universitas Tsinghua, mengakui bahwa unsur-unsur China di "Pacific Rim" membuatnya tertarik untuk menonton film itu.

Banyak film Hollywood mencoba untuk memenuhi penonton China. Hal ini digambarkan oleh "Iron Man 3" versi China dan "Looper" yang menampilkan Shanghai.

Zhang Huijun, presiden Beijing Film Academy, mengatakan bahwa unsur China ditambahkan ke dalam film-film Amerika untuk menarik khalayak yang lebih muda.

(Uu.H-AK.

Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2013