Jakarta (ANTARA) - Tim Nasional (Timnas) pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar (AMIN) menyiapkan pembuatan dapur rakyat, dalam mengawal distribusi logistik untuk saksi dan relawan di tempat pemungutan suara (TPS).

“Ini gerakan dari arus bawah. Deputi saksi dan pengorganisasian Timnas Amin membackup agar terorganisir. Mengacu pada data sebaran TPS dan kebutuhan suplai konsumsi saksi. Dapur rakyat ini diproyeksikan berdiri di setiap 10 sampai 20 TPS,” kata Asisten Pelatih Timnas AMIN Tamsil Linrung dalam keterangan tertulis di Jakarta, Selasa.

Baca juga: Anies tekankan lima poin kepada relawan saksi AMIN saat pencoblosan

Dia menjelaskan animo emak-emak berpartisipasi memenangkan pasangan calon presiden dan wakil presiden Anies Baswedan - Muhaimin Iskandar sangat tinggi. Hal itu diwujudkan dengan inisiatif membangun dapur rakyat untuk menyuplai kebutuhan saksi AMIN. Program dapur rakyat atau dapur umum itu akan dikelola oleh puluhan organisasi perempuan dari unsur relawan.

"Animo berpartisipasi di dapur rakyat sangat tinggi. Sejak kami respons dan sampaikan dalam apel siaga nasional relawan saksi, sejumlah pihak telah menghubungi untuk mendaftar dan menyatakan komitmen untuk menjadi bagian dari dapur rakyat ini," ungkapnya.

Dia mengatakan dapur rakyat didedikasikan untuk menyuplai konsumsi dan kebutuhan logistik saksi. Hal itu dilakukan sebagai mitigasi, agar konsentrasi para saksi dan petugas di TPS tidak terganggu karena kesulitan mendapatkan makanan.

"Timnas AMIN berkomitmen mengerahkan kekuatan penuh menutup celah kecurangan pada saat pemungutan dan penghitungan suara di TPS," ujarnya.

Selain itu, dapur rakyat terintegrasi dengan saksi berlapis yang dipersiapkan oleh pasangan calon nomor urut satu Anies-Muhaimin. Keberadaan dapur rakyat di sekitar TPS merupakan bukti keseriusan Timnas AMIN dalam mewujudkan pemilihan presiden yang partisipatif.

"Kami mengarahkan semua kekuatan dan komponen pendukung untuk bersinergi memenangkan AMIN. Mas Anies dan Gus Muhaimin adalah pemimpin yang dicintai dan diinginkan rakyat. Terbukti dari gelombang dukungan tulus yang terus berdatangan dalam berbagai bentuk," katanya.

Baca juga: Gerakan Rakyat bentuk saksi perubahan libatkan masyarakat awasi pemilu
Baca juga: Timnas AMIN keliling Jateng konsolidasi cegah kecurangan di Pilpres


Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI pada hari Senin, 13 November 2023, menetapkan tiga bakal pasangan calon presiden dan wakil presiden menjadi peserta Pemilu Presiden dan Wakil Presiden (Pilpres) 2024.

Hasil pengundian dan penetapan nomor urut peserta Pilpres 2024 pada hari Selasa, 14 November 2023, pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar nomor urut 1, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka nomor urut 2, dan Ganjar Pranowo-Mahfud Md nomor urut 3.

KPU juga telah menetapkan masa kampanye mulai 28 November 2023 hingga 10 Februari 2024, kemudian jadwal pemungutan suara pada tanggal 14 Februari 2024.

Pewarta: Fauzi
Editor: Laode Masrafi
Copyright © ANTARA 2024