Manado (ANTARA) - Istri calon presiden nomor urut 3 Ganjar Pranowo, Siti Atikoh Ganjar, menjelaskan upaya yang akan dilakukan pasangan Ganjar Pranowo-Mahfud Md untuk menurunkan angka stunting atau kasus gagal tumbuh pada anak.

Hal itu disampaikan Atikoh usai mengunjungi Kawasan Wisata Kuliner Jalan Roda, Kota Manado, Sulawesi Utara, Selasa. Awalnya, pewarta ANTARA menanyakan bagaimana upaya Ganjar-Mahfud menurunkan angka stunting di Sulut mencapai 20,5 persen di 2022.

Atikoh mengatakan bahwa Ganjar-Mahfud akan memantau seribu hari pertama kehidupan (1000 HPK) ibu hamil untuk mencegah stunting.

"Yang pertama tentu terkait dengan seribu hari kehidupan pertama seorang anak ya, kalau kita bicara seribu hari kehidupan anak itu yang pertama disehatkan calon ibunya dulu," ujar Atikoh.

Adapun 1000 PHK merupakan masa awal kehidupan saat terbentuk janin di dalam kandungan (270 hari) hingga dua tahun pertama kehidupan (730 hari) yang biasa disebut dengan golden period.

Saat di dalam kandungan, organ-organ penting seperti otak, jantung, hati, ginjal, paru-paru, tulang mulai terbentuk dan berkembang dilanjutkan masa dua tahun setelah kelahiran, anak mulai beradaptasi dengan lingkungannya serta merupakan puncak perkembangan fungsi kognitif anak.

Baca juga: Atikoh: Warga Manado semangat menangkan Ganjar-Mahfud 

Baca juga: Tiba di Manado, Atiqoh Ganjar disambut tarian Kabasaran Minahasa

Selanjutnya, calon ibu harus di edukasi terkait usia ideal untuk hamil, yakni berusia di atas 20 tahun. Menurutnya, calon ibu harus dalam kondisi yang sehat untuk hamil.

Apabila, misalnya, kekurangan energi, calon ibu harus diberikan nutrisi terlebih dulu. Adapun berdasarkan data Kementerian Kesehatan 2019, kejadian anemia atau kekurangan darah pada ibu hamil di Indonesia masih tergolong tinggi, yaitu sebanyak 48,9 persen.

Oleh karena itu, ibu hamil perlu mengonsumsi satu Tablet Tambah Darah (TTD)/hari minimal 90 hari selama masa kehamilan sebagai upaya pencegahan kejadian anemia saat kehamilan.

"Karena potensi anemia di Indonesia juga cukup tinggi, sehingga, misalnya, dia punya potensi anemia diberi tablet untuk menambah darah," jelasnya.

Selain menjaga 1000 HPK, kata Atikoh, sang ibu juga perlu memberikan asi eksklusif setelah melahirkan. Setelah itu, memberikan juga makanan pendamping air susu ibu berupa makanan atau minuman bergizi seimbang yang diberikan kepada bayi berusia 6-24 bulan dengan takaran tertentu guna memenuhi kebutuhan gizi bayi.

Baca juga: Atikoh Ganjar akan tetap blusukan ke pasar bila jadi Ibu Negara

"Misalnya, telur, kemudian karbohidratnya cukup kalorinya cukup, ya ini menjadi penanganan kita bersama," ucap Atikoh.

Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI telah menerima pendaftaran tiga bakal pasangan capres-cawapres, yakni Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar, Ganjar Pranowo-Mahfud Md, dan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka.

Masa kampanye pemilu ditetapkan mulai tanggal 28 November 2023 hingga 10 Februari 2024, sementara pemungutan suara dijadwalkan pada tanggal 14 Februari 2024.

Pewarta: Narda Margaretha Sinambela
Editor: Chandra Hamdani Noor
Copyright © ANTARA 2024