Terapkan kerangka 4K supaya pengendalian inflasi berjalan secara efektif dan efisien
Manokwari (ANTARA) - Gubernur Bank Indonesia (BI) Perry Warjiyo mengingatkan agar Kepala Kantor Perwakilan BI Provinsi Papua Barat untuk menerapkan metode 4K dalam upaya pengendalian inflasi yaitu ketersediaan pasokan, keterjangkauan harga, kelancaran distribusi, dan komunikasi yang efektif.

Hal itu ditegaskan Perry Warjiyo seusai pengukuhan Kepala Perwakilan BI Papua Barat dari Rommy Sariu Tamawiwy kepada Setian di Manokwari, Papua Barat, Kamis.

"Terapkan kerangka 4K supaya pengendalian inflasi berjalan secara efektif dan efisien," kata Perry.

Ia menjelaskan inflasi gabungan dua kota di Papua Barat periode Desember 2023 tercatat 2,94 persen secara tahunan (year on year/yoy), dan masih berada dalam rentang sasaran inflasi nasional yaitu 3±1 persen.

Capaian inflasi yang relatif terkendali tidak terlepas dari peran aktif Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) Papua Barat dalam melaksanakan berbagai program pengendalian inflasi.

"Bank Indonesia hadir untuk membantu pemerintah daerah menciptakan pertumbuhan ekonomi yang berkesinambungan karena ditopang oleh inflasi rendah dan stabil," jelas Perry Warjiyo.

Selain itu, kata dia, Bank Indonesia di Papua Barat telah melaksanakan Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia (GBBI) dan Gerakan Bangga Berwisata Indonesia (GBWI) pada Mei 2023.

Implementasi kedua program itu bertujuan mendorong pembangunan ekonomi berkelanjutan sekaligus meningkatkan kesejahteraan masyarakat Papua Barat melalui pengembangan usaha mikro kecil dan menengah (UMKM).

"Upaya pengendalian inflasi juga mencakup kerja sama pelaksanaan pasar murah dan sidak pasar secara rutin di seluruh wilayah Papua Barat," ujar Perry.

Menurut dia, pertumbuhan ekonomi daerah harus sejalan dengan peningkatan daya beli masyarakat. Oleh karena itu, Bank Indonesia telah membentuk sejumlah klaster UMKM agar memudahkan pembinaan.

Bank Indonesia juga menyalurkan bantuan baik material maupun non-material, pendampingan pengurusan izin, sertifikasi halal, pelatihan penulisan laporan keuangan, dan lainnya bagi UMKM binaan.

"Salah satu program unggulan BI Papua Barat adalah program Kasuari yang mendorong UMKM naik kelas menjadi pemain global," jelas Perry.

Dia berpesan agar Kepala Perwakilan BI Papua Barat yang baru dilantik untuk secepatnya merumuskan program inovatif dan kolaboratif demi mendukung pertumbuhan ekonomi daerah secara berkelanjutan.

Hal ini sejalan dengan visi misi kehadiran Bank Indonesia sebagai Bank Sentral yang mampu menjalin kerja sama dengan pemerintah daerah dan pemangku kepentingan lainnya di Papua Barat.

"Saya berharap di era kepemimpinan saudara Setian selaku Kepala Perwakilan BI Papua Barat yang baru, dapat menghasilkan program-program mendukung pertumbuhan ekonomi," ucap Perry.
 
Gubernur Bank Indonesia Perry Warjiyo (kiri) mengukuhkan Setian sebagai Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Papua Barat menggantikan Rommy Sariu Tamawiwy di Manokwari, Kamis (18/1/2024). ANTARA/Fransiskus Salu Weking.


Penjabat Gubernur Papua Barat Ali Baham Temongmere mengapresiasi kinerja Rommy Sariu Tamawiwy selama menjabat sebagai Kepala Perwakilan BI Papua Barat sejak Februari 2023.

Bank Indonesia mendorong percepatan penerapan transaksi elektronik pada dua pemerintah daerah yaitu Pemerintah Provinsi Papua Barat dan Pemerintah Kabupaten Manokwari.

"Saya harapkan semangat beliau (Rommy Sariu Tamawiwy) dalam mengakselerasi digitalisasi di Papua Barat dapat dilanjutkan dan diperkuat oleh Pak Setian sebagai pejabat baru," tutur Ali Baham.


Baca juga: BI perkuat sinergi pastikan inflasi 2024 dalam sasaran
Baca juga: LPEM UI: Pemerintah punya kapasitas cukup capai target inflasi 2024
Baca juga: BI Papua Barat catat realisasi kredit triwulan III tumbuh 7,13 persen

Pewarta: Fransiskus Salu Weking
Editor: Faisal Yunianto
Copyright © ANTARA 2024