Saat ini masih terlalu sedikit,
Jakarta (ANTARA) - DPRD DKI Jakarta meminta pemerintah provinsi (pemprov) membangun hidran mandiri di 267 kelurahan untuk mencegah kebakaran di pemukiman warga.

"Saat ini masih terlalu sedikit, tidak sebanding dengan luasnya Jakarta jadi hidran mandiri harus diperbanyak,” kata Wakil Ketua DPRD DKI Jakarta Khoirudin saat dikonfirmasi di Jakarta, Kamis.

Khoirudin menilai 39 hidran mandiri yang dibangun Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan (Gulkarmat) DKI masih jauh dari kata cukup.

Dia menilai angka itu belum menjangkau kebutuhan di permukiman warga terutama di wilayah padat penduduk dan rawan kebakaran.

“Jakarta yang padat sering sekali terjadi kebakaran dan faktor yang paling menentukan cepatnya pemadaman adalah sumber air," tambahnya.

Namun, Khoirudin memaklumi pembangunan hidran mandiri membutuhkan waktu dan biaya yang tak sedikit.

Dia mendukung dalam waktu dekat Dinas Gulkarmat DKI fokus terlebih dahulu agar hidran yang merupakan sumber air untuk pengisian tengki mobil pemadam tersedia di 44 kecamatan.

“Idealnya semua RW punya hidran mandiri apalagi RW padat yang aksesnya sulit dilewati mobil pemadam,” ungkapnya.

Dia turut mengimbau agar Dinas Gulkarmat melatih relawan kebakaran terkait cara penggunaan hidran mandiri. Harapannya, pemadaman api bisa dilakukan sebelum petugas datang.

Selain untuk pemadaman api, hidran mandiri juga dapat difungsikan warga warga yang mengalami kekeringan atau kesulitan mendapatkan air bersih, serta untuk membersihkan lingkungan yang terkena lumpur banjir.

"Harus ada pelatihan khusus untuk merawat dan menggunakan fasilitas ini terutama warga di sekitar hidran,” tuturnya.

Sebelumnya, Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan (Gulkarmat) DKI Jakarta akan membangun lima hidran mandiri di lokasi-lokasi rawan air yang selama ini rentan terhadap bahaya kebakaran.

"Total hidran mandiri di Jakarta sudah berjumlah 39 unit," kata Kepala Bidang Sarana Operasi Dinas Gulkarmat DKI Jakarta Muslim Suseno.
Baca juga: Jaksel bangun Rumah Pompa Hidran Mandiri untuk penanganan banjir
Baca juga: Gulkarmat DKI bangun hidran mandiri di 16 lokasi yang sulit sumber air
Baca juga: Sekitar 70-80 persen hidran di Jakarta berfungsi baik

Pewarta: Luthfia Miranda Putri
Editor: Ganet Dirgantara
Copyright © ANTARA 2024