Ko, yang tahun lalu menang di Vancouver saat berusia 15 tahun empat bulan dan termuda dalam sejarah pemenang turnamen LPGA, mengulang tonggak sejarah itu dengan membuat kemenangan lima pukulan atas pemain dari Prancis, Karine Icher.
Edmonton, Kanada (ANTARA News) - Pemain golf amatir sensasional Selandia Baru, Lydia Ko, tampil sebagai pemenang pada Kejuaraan Golf LPGA Kanada Terbuka untuk kedua kalinya, Minggu.

Ko, yang tahun lalu menang di Vancouver saat berusia 15 tahun empat bulan dan termuda dalam sejarah pemenang turnamen LPGA, mengulang tonggak sejarah itu dengan membuat kemenangan lima pukulan atas pemain dari Prancis, Karine Icher.

"Saya amat terkejut, tapi saya gembira dapat menang..saya amat bahagia," kata Ko, yang juga membuat catatan sejarah sebagai pemain amatir pertama yang meraih dua gelar dalam turnamen Tur.

"Tujuan saya hari ini melakukan pukulan five-under dan saya berusaha keras melakukannya. Bila ada lawan saya yang dapat melakukannya, maka saya akan gagal," ujarnya.

Ko, dari Auckland, membuat catatan pada putaran akhir dengan enam di bawah 64 di Royal Mayfair Golf Club, dengan total 15 di bawah 265.

Pemain remaja itu membuat birdie pada lubang ke-18 -- merupakan birdie ketujuh pada putaran akhir itu - kemudian mengangkat tangannya pertanda ia berhasil melakukannya dan meraih angka kemenangan.

"Saya tidak menyangka dapat melakukannya, dari jarak 15 kaki," kata Ko, "Itu sebabnya saya terperanjat. Oh Tuhan, saya amat takjub karena menyangka pukulan saya akan melewati lubang karena lintasan licin. Saya memukulnya dengan kekuatan tepat sehingga bola melaju dengan tepat pula."

Sementara pemain pro yang menduduki posisi kedua, Karine Icher merupakan salah satu pemain kondang Eropa yang baru memenangi Piala Solheim di Kolorado, Amerika Serikat, membuat angka akhir 67 untuk total 270.

Kemudian, pemain dari Swedia, Caroline Hedwall, merupakan pemain pertama yang membuat angka 5-0 di Piala Solheim, mengawali pertandingan hari terakhir dengan keunggulan satu pukulan. Ia akhirnya membuat angka 71 untuk membagi tempat di perolehan angkat total 271 bersama pemain dari Amerika Brittany Lincicome, yang membuat angkat 69.

Kemenangan Ko keempat dalam turnamen prof dalam usia semua itu, membuka wacana baru, berapa tahun sebenarnya usia pemain untuk dapat berkecimpung di kancah turnamen prof.

Ia memenangi turnamen teruka di Selandia Baru, Februari, merupakan turnamen khusus putri, event Tur Putri Eropa, dan ketika berusia 14 tahun menang di turnamen "Australian LPGA`s Women`s New South Wales" Terbuka pada Januari 2012, merupakan pegolf terbuka putri yang memenangi turnamen pro.

Angka yang dibuat Ko pada hari itu, 64, lebih bagus dari yang dibuat Icher (67).

"Yeah, sebetulnya hari ini tidak terlalu buruk bagi saya," kata Icher, yang akan menerima hadiah utama 300.000 dolar, karena Ko masih berstatus amatir.

(A008)

Editor: Ella Syafputri
Copyright © ANTARA 2013