Kendari (ANTARA) - Pemerintah Kota Kendari di Provinsi Sulawesi Tenggara mengangkat bangkai-bangkai kapal yang ada di Teluk Kendari di wilayah Kecamatan Kendari Barat.

Menurut Kepala Dinas Perikanan Kota Kendari Imran Ismail di Kendari, Jumat, upaya pengangkatan bangkai-bangkai kapal di Teluk Kendari melibatkan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), Satuan Polisi Pamong Praja, Dinas Pemadam Kebakaran, Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, Dinas Perhubungan, dan Pemerintah Kecamatan Kendari Barat.

Ia mengatakan bahwa sekitar 150 personel dan satu alat berat diturunkan untuk menyingkirkan bangkai-bangkai kapal yang ada di Teluk Kendari.

"Kurang lebih ada 12 kapal sebenarnya di sepanjang Kendari Beach ini yang akan kita singkirkan berangsur pastinya," katanya.

Semula Dinas Perikanan mengerahkan sejumlah pegawai untuk membongkar kapal-kapal yang terbengkalai di Teluk Kendari secara manual menggunakan palu dan linggis. Namun, upaya tersebut tidak optimal.

Organisasi-organisasi perangkat daerah di lingkungan Pemerintah Kota Kendari kemudian digerakkan untuk bergotong-royong membongkar dan mengangkat kapal-kapal yang terbengkalai di Teluk Kendari.

Dinas Perikanan Kota Kendari menargetkan pengangkatan sembilan dari 12 kapal terbengkalai di Teluk Kendari rampung dalam waktu dua pekan.

Dua dari kapal-kapal terbengkalai yang ada di Teluk Kendari akan diperbaiki oleh pemiliknya.

Dinas Perikanan Kota Kendari memberikan tenggat dua minggu kepada pemilik kapal untuk menyelesaikan perbaikan. Jika setelah tenggat kapal tidak diperbaiki, maka dinas akan memusnahkannya.

Baca juga:
Kendari gelar lomba pungut sampah di laut
ASN dikerahkan untuk bersihkan area pantai Teluk Kendari

Pewarta: La Ode Muh. Deden Saputra
Editor: Maryati
Copyright © ANTARA 2024