Jakarta (ANTARA) - Sepakan penalti dari Asnawi Mangkualam membawa Indonesia unggul 1-0 atas Vietnam di babak pertama, dalam pertandingan kedua grup D Piala Asia 2023 yang berlangsung di, Stadion Abdullah bin Khalifa, Doha, Sabtu.

Memulai babak pertama, Indonesia tampil menekan dengan memanfaatkan ruang-ruang dari dua sisi sayap. Di menit ke-7 pergerakan dari sisi kanan Pratama Arhan mengirimkan umpan pendek ke daerah kotak penalti, Rafael Struick yang mendapatkan ruang kosong melepaskan tembakan chip yang masih melebar dari sisi kanan gawang penjaga gawang Vietnam, Filip Nguyen.

Dalam 15 menit jalannya pertandingan, Indonesia terus mendikte permainan dengan memperoleh tiga peluang untuk menciptakan gol, sementara Vietnam masih belum mendapatkan peluang.

Baca juga: Yakob: Pemain jadi lebih semangat berkat kehadiran suporter

Vietnam mendapatkan peluang pada menit ke-20. Tembakan dari luar kotak penalti Tuan Anh Nguyen masih mampu dibendung pertahanan Indonesia.

Di menit ke-29, Sandy Walsh melepaskan tembakan dari luar kotak penalti tapi dengan mudah diamankan Filip Nguyen.

Sandy Walsh kembali memperoleh peluang. Melalui skema tendangan sudut pada menit ke-37, Walsh melepaskan sundulan yang ditepis Filip Nguyen.

Menit ke-40, pergerakan Rafael Struick di dalam kotak penalti dilanggar oleh pemain Vietnam. Asnawi Mangkualam yang menjadi algojo penalti dengan mudah mengarahkan bola ke sisi kanan Filip Nguyen untuk membawa keunggulan Indonesia 1-0.

Di masa perpanjangan waktu babak pertama, umpan dari Hubner disambut sundulan Struick namun masih melebar di sisi kanan gawang.

Hingga babak pertama berakhir skor 1-0 bertahan untuk keunggulan Indonesia.

Baca juga: 1.500 lebih Ultras Garuda Qatar ramaikan laga timnas lawan Vietnam

Pewarta: Fajar Satriyo
Editor: Teguh Handoko
Copyright © ANTARA 2024