Jakarta (ANTARA) - Calon wakil presiden nomor urut satu, Muhaimin Iskandar, sependapat dengan calon wakil presiden nomor urut tiga Mahfud Md soal program reforestasi atau proses menanam kembali pohon di lahan yang sebelumnya telah gundul.

Muhaimin dan Mahfud Md sepakat bahwa saat ini belum ada keseriusan dari pemerintah untuk melakukan reforestasi sebagai mitigasi perubahan iklim.

"Sampai hari ini saya setuju dengan Pak Mahfud, tidak ada keseriusan dan kesungguhan untuk itu," kata Muhaimin dalam sesi tanya jawab Debat Cawapres di Jakarta, Minggu

"Bahkan mau menyediakan pangan nasional saja, kenapa tidak melibatkan petani? Malah juga melakukan penggundulan hutan dan gagal lagi, karena apa? Karena tidak melibatkan masyarakat adat setempat, juga tidak melibatkan para petani, bahkan merusak keanekaragaman hayati kita," kata dia.

Menurut dia, masalah dari persoalan tersebut adalah pembangunan keberlanjutan yang tidak dijalankan selaras dengan keadilan ekologi.

"Prinsipnya satu, keadilan. Keadilan ekologi harus nomor satu, jangan pernah membiarkan keadilan ekologi ini tidak terlaksanakan. Yang kedua, keadilan iklim. Yang ketiga, keadilan antargenerasi komitmen keadilan," kata dia melanjutkan.

Muhaimin mengatakan jika pasangan AMIN (Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar) mendapat amanah, ia mengatakan hal yang pokok adalah kesungguhan, komitmen untuk melaksanakan konstitusi yang sungguh-sungguh, berpihak kepada rakyat dan lingkungan.

Ia memastikan tidak akan berpihak kepada investor ataupun pengusaha.

KPU RI telah menetapkan tiga pasangan capres-cawapres peserta Pilpres 2024 yakni Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar dengan nomor urut 1, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka nomor urut 2, dan Ganjar Pranowo-Mahfud Md nomor urut 3.

Selepas debat pertama pada 12 Desember 2023, debat kedua 22 Desember 2023, dan debat ketiga 7 Januari 2024, KPU menggelar debat keempat yang mempertemukan para cawapres.

Tema debat keempat meliputi energi, sumber daya alam (SDA), pangan, pajak karbon, lingkungan hidup, agraria, dan masyarakat adat.

Baca juga: Mahfud sebut pertanyaan Gibran soal "greenflation" tak perlu dijawab
Baca juga: Gibran: Saya tidak pernah bosan bahas hilirisasi

Pewarta: Devi Nindy Sari Ramadhan
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2024