Jakarta (ANTARA) -
Ketua Pusat Studi Agama, Lingkungan dan Perubahan Iklim, Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah Jakarta Maila Dinia Husni Rahiem menyatakan bahwa kebijakan ekonomi dan sosial yang berkelanjutan mesti melibatkan perempuan dan anak.
 
Pada debat cawapres yang dilaksanakan Minggu (21/1), moderator membacakan pertanyaan dari panelis kepada Cawapres nomor urut 03, Mahfud MD, bahwa sejak 2014, terjadi perampasan 8,5 juta hektare wilayah adat, mengakibatkan 678 kasus kriminalisasi dan pemiskinan perempuan adat.
 
"Perempuan dan anak-anak memegang peranan krusial dalam pembangunan ekonomi dan sosial yang berkelanjutan, demikian pula dalam konteks kebijakan lingkungan dan energi. Perempuan, sebagai tenaga kerja, pengusaha, dan pengelola utama dalam rumah tangga, memiliki pengaruh signifikan dalam ekonomi, termasuk di sektor informal dan pertanian," katanya di Jakarta, Senin.
 
Dia juga menyampaikan, kebijakan yang mendorong kesetaraan gender dan memperhatikan aspek pendidikan bagi anak dalam penggunaan sumber daya alam dan energi terbarukan tidak hanya memajukan ekonomi, tetapi juga dapat memastikan keadilan dan keberlanjutan.
 
"Perlu ada fokus kebijakan pada kebutuhan anak-anak, khususnya untuk lingkungan yang lebih sehat, memastikan pembangunan yang adil dan menyeluruh, serta membuat kebijakan lingkungan yang memperhatikan aspek pendidikan, sehingga sejak dini anak sudah belajar bijak menggunakan energi, sadar lingkungan, dan bertanggung jawab dalam perilakunya yang dapat berdampak pada lingkungan," ujar dia.
 
Untuk itu, menurutnya, penting membuat kebijakan yang memperhatikan perempuan dan anak-anak demi menciptakan masyarakat yang lebih inklusif dan menjamin keberlanjutan jangka panjang untuk kesejahteraan generasi mendatang.
 
"Anak-anak dan perempuan adalah kelompok yang paling terdampak oleh bencana alam dan situasi krisis. Dalam konteks ini, kebijakan yang mempertimbangkan kebutuhan khusus mereka dapat meningkatkan ketahanan keluarga dan masyarakat terhadap keadaan darurat," tuturnya.
 
KPU RI telah menetapkan tiga pasangan capres-cawapres peserta Pilpres 2024 yakni Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar dengan nomor urut 1, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka nomor urut 2, dan Ganjar Pranowo-Mahfud Md nomor urut 3.
 
Selepas debat pertama pada 12 Desember 2023, debat kedua 22 Desember 2023, dan debat ketiga 7 Januari 2024, KPU menggelar debat keempat yang mempertemukan para cawapres.
 
Tema debat keempat meliputi energi, sumber daya alam (SDA), pangan, pajak karbon, lingkungan hidup, agraria, dan masyarakat adat.

Baca juga: Wamenag: Industri halal jawab tantangan ekonomi berkelanjutan RI

Baca juga: Menkeu pastikan RI melanjutkan pembangunan ekonomi yang berkelanjutan

Baca juga: Menteri Siti tekankan kolaborasi bangkitkan ekonomi biru berkelanjutan

Pewarta: Lintang Budiyanti Prameswari
Editor: Nurul Hayat
Copyright © ANTARA 2024