Jakarta (ANTARA) - Pengamat mode Lisa Fitria mengatakan tampilan safari a la mahasiswa pencinta alam (mapala) yang diusung calon wakil presiden nomor urut 3 Mahfud MD adalah langkah menguatkan visinya terkait tema debat keempat yang berlangsung Minggu (21/1).

Tema debat keempat malam itu ialah sumber daya alam (SDA), pangan, pajak karbon, lingkungan hidup, agraria, dan masyarakat adat.

"Dia tetap tematik, karena hal itu cukup berhasil dilihat dari debat-debat sebelumnya. Bisa lihat waktu debat ketiga kemarin juga karena 'Top Gan' dengan jaket bomber untuk army look-nya itu langsung viral," kata Lisa yang juga perancang dari Indonesian Fashion Chamber (IFC) itu kepada ANTARA, Senin.
 
Debat keempat Pilpres 2024.Capres-cawapres nomor urut 3 Ganjar Pranowo (kiri) dan Mahfud MD (kanan) jalan menuju ruang debat setibanya di lokasi Debat Keempat Pilpres 2024 di Jakarta Convention Center (JCC), Jakarta, Minggu (21/1/2024). Debat Keempat Pilpres 2024 yang melibatkan tiga cawapres itu mengangkat tema terkait pembangunan berkelanjutan, sumber daya alam, lingkungan hidup, energi, pangan, agraria, masyarakat adat dan desa. ANTARA FOTO//M Risyal Hidayat/Spt.


Dalam debat keempat, Mahfud MD berpenampilan layaknya anggota Mapala dengan kemeja taktis berwarna khaki dan hijau. Safari look sang politikus malam itu dilengkapi syal a la pendaki yang diikatkan di sekeliling leher bertuliskan "Sat Set Tas Tes Selesai!" yang merupakan slogan pasangan calon presiden dan wakil presiden Ganjar Pranowo-Mahfud MD sejak awal masuk kontestasi Pemilu 2024.

Visi paslon tersebut terlihat dalam patch (emblem) yang lagi-lagi terpasang di kemeja keduanya. Beberapa emblem yang menarik perhatian yaitu "Sampah jadi Berkah", "Petani Berdaya Pangan Berjaya" hingga "Harmoni Hutan untuk Keseimbangan".

Deputi Kanal Media Tim Pemenangan Nasional (TPN) Karaniya Dharmasaputra dalam keterangan tertulis menjelaskan busana tersebut sengaja dipilih untuk merepresentasikan visi-misi Ganjar dan Mahfud untuk mewujudkan negara maritim yang adil dan lestari dan mempercepat perwujudan lingkungan hidup yang berkelanjutan melalui ekonomi hijau dan biru.

Baca juga: Paslon Ganjar-Mahfud curi perhatian dengan kemeja ala pecinta alam

Lisa menyoroti konsistensi pilihan pasangan nomor urut tiga tersebut yang selalu memilih produk-produk lokal untuk tampilan debatnya.

"Merek-merek yang digunakan juga merupakan bentuk dukungan kepada UMKM kreatif. Local pride (kebanggaan lokal). Ini kan memberikan dampak positif juga kepada pemilik merek, mereka jadi open PO (membuka pesanan) dan lain-lain," kata Lisa.

Langkah tersebut dinilai baik karena menunjukkan bahwa Ganjar dan Mahfud dapat menunjukkan bukti nyata bahwa mereka mendukung pertumbuhan UMKM lokal bergerak di industri kreatif.

"Aku rasa nanti didebat kelima mereka akan kerja sama dengan merek lokal lagi," kata Lisa.

Pada debat keempat, seluruh produk fesyen yang digunakan oleh Ganjar Pranowo dan Mahfud MD berasal dari UMKM lokal.

Baca juga: Gibran pasang pin "One Piece" dan pakai jaket saat debat keempat

Baca juga: Hadiri debat, Anies-Muhaimin tampil santai dengan kemeja putih

Baca juga: Pengamat sebut ekonomi berkelanjutan mesti libatkan perempuan dan anak


KPU RI telah menetapkan tiga pasangan capres-cawapres peserta Pilpres 2024 yakni Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar dengan nomor urut 1, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka nomor urut 2, dan Ganjar Pranowo-Mahfud MD nomor urut 3.

Selepas debat pertama pada 12 Desember 2023, debat kedua 22 Desember 2023, dan debat ketiga 7 Januari 2024, KPU menggelar debat keempat yang mempertemukan para cawapres.

Tema debat keempat meliputi energi, sumber daya alam (SDA), pangan, pajak karbon, lingkungan hidup, agraria, dan masyarakat adat.

Pewarta: Livia Kristianti
Editor: Natisha Andarningtyas
Copyright © ANTARA 2024