Jakarta (ANTARA) - Kepala Program Indonesian International Student Mobility Awards (IISMA) Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) R. Rachmat A. Sriwijaya mengatakan pihaknya dan University of Missouri-Kansas City (UMKC) memperluas kolaborasi di bidang pendidikan.

“UMKC telah menjalin kerja sama dengan IISMA pada 2023. Terdapat 16 awardees IISMA yang merupakan mahasiswa vokasi belajar di UMKC selama fall semester,” katanya dalam keterangan di Jakarta, Senin.

Rachmat menjelaskan kerja sama antara IISMA dan UMKC sendiri sudah berlangsung sejak tahun lalu seperti adanya mahasiswa yang belajar di universitas tersebut.

Pada kesempatan ini, UMKC dan IISMA membahas progres kerja sama yang terjalin dan penjajakan perluasan kolaborasi seperti untuk skema program sarjana dan program profesi.

Baca juga: Kemendikbudristek: Kuota IISMA 2024 capai 3.300 orang ke 30 negara

Baca juga: OIA Universitas Tidar sosialisasikan IISMA 2024


Selain memiliki Program Kewirausahaan yang kuat di Bloch School of Management, UMKC juga satu-satunya sekolah di wilayah Kansas City yang diakreditasi oleh Association to Advance Collegiate Schools of Business (AACSB).

“UMKC turut diakreditasi oleh The Network of Schools of Public Policy, Affairs, and Administration (NASPAA),” kata Rektor UMKC C. Mauli Agrawai.

Mauli menyampaikan ketertarikan Bloch School of Management UMKC untuk bermitra dengan IISMA khususnya memfasilitasi Program Profesi sehingga siap menampung 20 penerima beasiswa atau lebih.

Terlebih, UMKC sangat terkesan dengan 16 awardees IISMA yang telah bergabung pada 2023 karena menunjukkan peningkatan pengetahuan dan kepercayaan diri di kelas.

Sebagai informasi, IISMA merupakan salah satu program flagship di bawah kebijakan Merdeka Kampus Merdeka (MBKM) yang memberikan mahasiswa Indonesia kesempatan untuk belajar di perguruan tinggi luar negeri selama satu semester.

Program ini bertujuan meningkatkan pemahaman mahasiswa Indonesia pada keragaman akademik dan budaya internasional.

Untuk tahun ini, IISMA kembali mengundang putra-putri terbaik bangsa untuk belajar satu semester di kampus-kampus terbaik luar negeri.

Pendaftaran dibuka mulai 23 Januari sampai 14 Februari 2024 untuk skema reguler dan afirmasi yang kemudian dilanjutkan dengan pendaftaran skema co-funding.*

Baca juga: Kemendikbudristek ajak mahasiswa RI kuliah di luar negeri lewat IISMA

Baca juga: Mahasiswa IISMA Singapura promosi pendidikan Indonesia lewat kuliner

Pewarta: Astrid Faidlatul Habibah
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
Copyright © ANTARA 2024