Jakarta (ANTARA) -
Pada Senin (22/1), sejumlah pakar memberikan tanggapan perihal isu-isu humaniora yang diangkat oleh para calon wakil presiden RI pasca debat keempat.
 
Ada juga warta tentang BNPB yang meminta warga waspadai bahaya lava dan awan panas Merapi, hingga cendekiawan Ignas Kleden meninggal dunia.
 
Berita-berita tersebut telah dirangkum dan dapat kembali disimak dalam ringkasan berikut,
 
1. Walhi sesalkan debat cawapres tak singgung pulau kecil dan pesisir
 
Wahana Lingkungan Hidup Indonesia (Walhi) menyesalkan debat calon wakil presiden yang berlangsung Minggu (21/1) malam tak menyinggung permasalahan lingkungan dan sosial yang dihadapi masyarakat pesisir serta pulau-pulau kecil.
 
Aktivis Walhi Jakarta Muhammad Aminullah mengatakan pulau-pulau kecil di Kepulauan Seribu, Jakarta, sedang menghadapi ancaman krisis iklim yang memengaruhi keberlanjutan ekologis, kedaulatan pangan dan ketersediaan air bersih, serta keberlanjutan ekonomi masyarakat.

Baca juga: Walhi sesalkan debat cawapres tak singgung pulau kecil dan pesisir  
Ketua Pusat Studi Agama, Lingkungan dan Perubahan Iklim, Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah Jakarta Maila Dinia Husni Rahiem menyatakan bahwa ketiga calon wakil presiden (cawapres) belum membahas pentingnya pelibatan perempuan dalam pembangunan berkelanjutan.
 
"Pada debat, para cawapres tidak secara tegas menyoroti peran penting perempuan dalam melestarikan lingkungan dan partisipasi mereka dalam pembuatan kebijakan pemerintah terkait lingkungan. Ini terlihat baik dalam paparan program awal maupun dalam tanggapan terhadap pertanyaan khusus mengenai peran perempuan dalam masyarakat adat," ujar Maila saat dihubungi di Jakarta, Senin.

Baca juga: Pakar: Cawapres belum bahas perempuan dalam pembangunan berkelanjutan  
Kepala Pusat Riset Konversi dan Konservasi Energi Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) Cuk Supriyadi Ali Nandar mengemukakan bahwa transisi energi harus dilakukan untuk mencapai target penurunan emisi karbon hingga menjadi nol emisi karbon pada 2060.
 
"Transisi energi harus dilakukan untuk memenuhi komitmen pemerintah dalam penurunan emisi dan target Net Zero Emission pada tahun 2060 atau lebih cepat," katanya kepada ANTARA di Jakarta, Senin, ketika dimintai tanggapan mengenai pembahasan soal transisi energi dalam debat calon wakil presiden pada Minggu (21/1) malam.

Baca juga: BRIN: Transisi energi harus dilakukan untuk mencapai nol emisi karbon  
Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) meminta warga untuk mewaspadai bahaya guguran lava dan awan panas akibat erupsi Gunung Merapi di beberapa bagian wilayah Provinsi Jawa Tengah.
 
Menurut siaran pers BNPB di Jakarta, Senin, Gunung Merapi pada Minggu (21/1) pukul 14.12 WIB mengalami erupsi, yang menyebabkan hujan abu vulkanik di bagian wilayah Kabupaten Boyolali dan Klaten, Provinsi Jawa Tengah.

Baca juga: BNPB minta warga waspadai bahaya lava dan awan panas Merapi  
Bangsa Indonesia kehilangan salah satu putera terbaiknya, Ignas Kleden yang meninggal pada Senin, 22 Januari pukul 03.41 WIB di RS Suyoto, Jakarta Selatan.

Cendekiawan kelahiran 19 Mei 1948 di Waibalun, Larantuka, Flores Timur, Nusa Tenggara Timur, itu meninggal dunia dalam usia 75 tahun. Tidak hanya dikenal sebagai cendekiawan, Ignas juga dikenal sebagai sastrawan, sosiolog, dan kritikus sastra berkebangsaan Indonesia.

Baca juga: Cendekiawan Ignas Kleden berpulang dan bangsa Indonesia berduka

Pewarta: Asep Firmansyah
Editor: Endang Sukarelawati
Copyright © ANTARA 2024