Palangka Raya (ANTARA) - Dua kelurahan yang berada di wilayah Kota Palangka Raya, Kalimantan Tengah, hingga sampai saat ini masih terendam banjir akibat luapan sungai yang berada di sekitar kelurahan tersebut.

Pelaksana Tugas (Plt) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Palangka Raya Hendrikus Satria Budi di Palangka Raya, Selasa, mengatakan dua kelurahan yang saat ini kawasannya masih terendam banjir tersebut yakni Kelurahan Bereng Bengkel dan Kelurahan Marang.

Baca juga: Sejumlah pemukiman di Palangka Raya terendam luapan Sungai Kahayan

"Dua kelurahan tersebut saat ini masih terendam banjir. Debit air terus dipantau oleh personel BPBD setempat," kata Budi.

Selama banjir melanda sejumlah kelurahan di Kota Palangka Raya, menurut dia, tidak ada korban jiwa. Namun, BPBD Kota Palangka Raya setiap hari terus memberikan imbauan agar hal-hal yang bisa mengakibatkan korban jiwa dapat diantisipasi oleh warga.

Baca juga: Ratusan KK di Palangka Raya terdampak banjir luapan Sungai Kahayan

"Misalnya, kabel aliran listrik jangan sampai terendam air, kemudian bagi warga yang memiliki anak balita jangan sampai lengah menjaganya," kata dia.

Budi menambahkan, meskipun air masih merendam dua kelurahan, personel BPBD Kota Palangka Raya tetap melaksanakan pemantauan di sejumlah titik guna mengetahui perkembangan debit air setiap harinya.

Baca juga: Palangka Raya luncurkan pemetaan dini kebencanaan berbasis digital

"Pemantauan terus kami laksanakan guna mengetahui debit air sungai yang meluap ke permukiman warga. Bahkan, kami juga mengingatkan warga agar waspadai munculnya penyakit akibat sampah yang hanyut ke permukiman," ujar Budi.

Pewarta: Adi Wibowo
Editor: Bambang Sutopo Hadi
Copyright © ANTARA 2024