Kami adalah daerah tujuan wisata, sehingga energi hijau atau 'green technology' sangat dibutuhkan.
Mataram (ANTARA) - Penjabat (Pj) Gubernur Nusa Tenggara Barat (NTB) Lalu Gita Ariadi mengatakan sebagai destinasi kelas dunia, Lombok dan Sumbawa memerlukan teknologi hijau yang mendukung kelestarian lingkungan, sehingga ia mengajak perusahaan asal Korea Selatan untuk berinvestasi di NTB.

"Kami adalah daerah tujuan wisata, sehingga energi hijau atau 'green technology' sangat dibutuhkan," ujar Lalu Gita, saat menerima Co Founder dan Presiden Gridwiz Inc dari Korea Selatan (Korsel) JuneWoo Ryu, di Kantor Gubernur NTB dalam keterangan tertulis di Mataram, Rabu.

Pj Gubernur itu menyatakan mendukung pengembangan kendaraan listrik dalam mewujudkan energi hijau di wilayah ini.

"Kami mendukung pengembangan electrik mobility (e-Mobility) oleh Gridwiz Inc," ujarnya pula.

Lalu Gita menyebutkan beberapa inisiasi yang sudah dilakukan Pemprov NTB melalui industrialisasi, dan menyinggung Gili Trawangan yang telah menerapkan zero polusi sejak lama dengan sepeda maupun cidomo.

Oleh karena itu, dengan kerja sama yang dilakukan bersama BRIDA dan Universitas Mataram (Unram), Pemprov NTB mendorong agar eksekusi di lapangan segera dilaksanakan.

Co Founder dan Presiden Gridwiz Inc JuneWoo Ryu mengatakan pengembangan kawasan tertentu di perkotaan yang mobilitasnya dikelola secara elektronik mulai dari sepeda elektrik sampai mobil berbasis aplikasi.

Pihak Gridwiz merencanakan memulai di lingkungan Kampus Unram atau taman kota bisa dilaksanakan pembangunannya.

Dalam penjelasannya, ia menegaskan teknologi "charging" kendaraan listrik yang lebih murah dan ramah lingkungan.

Pihaknya menggunakan panel tenaga surya dan aplikasi yang memungkinkan ketersediaan energi dan perawatan kendaraan listrik lebih murah dan mudah, termasuk sistem penyimpanan energi dan komunikasi antarkendaraan listrik yang terintegrasi.

Gridwiz Inc adalah perusahaan Korsel bergerak di bidang energi terbarukan yang telah beroperasi selama sepuluh tahun di beberapa negara dengan pengakuan global sebagai perusahaan pengembang energi bersih.
Baca juga: NTB siap menjadi proyek percontohan energi hijau di Indonesia
Baca juga: Inggris dukung Pemprov NTB kembangkan energi hijau

Pewarta: Nur Imansyah
Editor: Budisantoso Budiman
Copyright © ANTARA 2024