Jakarta (ANTARA) - Tunggal putra Indonesia Jonatan Christie mengatakan ingin segera bangkit setelah membukukan hasil yang kurang memuaskan di tiga turnamen awal tahun ini, yakni Malaysia Open, India Open, dan Indonesia Masters.

“Hasil ini tidak sesuai dengan ekspektasi dan target saya sendiri. Saya rasa perlu ada yang diubah, ditambah dari latihan,“ kata Jonatan dalam konferensi pers yang digelar di Istora Senayan Jakarta, Rabu.

Jonatan gugur di babak 32 besar Indonesia Masters tahun ini, berbeda dengan hasil di edisi tahun lalu, dimana ia merupakan finalis dari turnamen BWF Super 500 ini.

Hasil ini pun menjadi kali ketiga Jonatan tidak mampu lolos ke babak perempat final dalam tiga turnamen pembuka tahun 2024. Sebelumnya di Malaysia Open dan India Open 2024, tunggal putra peringkat enam dunia itu masing-masing gugur di babak 32 besar dan 16 besar.

“Ini salah satu pembelajaran dan pukulan buat saya pribadi. Saya di tiga turnamen ini jauh dari harapan dan target yang sudah saya tetapkan,” kata Jonatan.

Baca juga: Langkah Jonatan terhenti di babak awal Indonesia Masters 2024

“Ada evaluasi dari turnamen di Malaysia dan India. Ada hal-hal yang tidak bisa saya sampaikan di sini. Namun (untuk perubahan) mungkin lebih ke (sisi) teknis,” ujarnya menambahkan.

Jonatan sendiri kalah dari wakil China Lu Guang Zu dalam drama rubber game 21-19, 19-21, 19-21. Pemain yang merupakan unggulan keempat tersebut mengatakan sudah bermain all out untuk meraih kemenangan.

Overall saya bermain dan berjuang sampai habis. Saya berjuang sampai akhir, dan memang mungkin saya masih belum bisa meraih kemenangan di pertandingan hari ini,” kata Jonatan.

Sejauh ini, terdapat 12 wakil Indonesia yang melangkah ke babak kedua turnamen BWF Super 500 ini. Ada Gregoria Mariska Tunjung dan Putri Kusuma Wardani di tunggal putri, serta tunggal putra Anthony Sinisuka Ginting.

Lalu, ganda campuran Rehan Naufal Kusharjanto/Lisa Ayu Kusumawati dan Rinov Rivaldy/Pitha Haningtyas Mentari yang lolos ke babak 16 besar Indonesia Masters 2024.

Lebih lanjut, ada ganda putra ada Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto, Leo Rolly Carnando/Daniel Marthin, Bagas Maulana/Muhammad Shohibul Fikri, dan Sabar Karyaman Gutama/Mohammad Reza Pahlevi Isfahani.

Dari sektor ganda putri ada Meilysa Trias Puspitasari/Rachel Allesya Rose, Lanny Tria Mayasari/Ribka Sugiarto, dan Jesita Putri Miantoro/Febi Setianingrum.

Baca juga: Ginting melaju mulus ke babak 16 besar Indonesia Masters 2024
Baca juga: Gregoria kunci kemenangan dan maju ke 16 besar Indonesia Masters


Pewarta: Arnidhya Nur Zhafira
Editor: Teguh Handoko
Copyright © ANTARA 2024